Breaking News

Connect With us

March 4, 2021

Bupati Tanah Datar Ikuti Rakornas Penanggulangan Bencana Secara Virtual


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) penanggulangan Bencana yang dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, secara Virtual, Rabu (3/3/2021) kemaren.


Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang membuka secara resmi Rakornas tersebut mengatakan, bahwa semua harus merencanakan persiapan menghadapi bencana alam maupun non alam secara maksimal mulai pusat sampai ke daerah.


“Usahakan adanya grand design, manajemen tanggap darurat, kita harus persiapkan diri menghadapi bencana dengan sebuah perencanaan,” ujar Jokowi.


Jokowi juga juga tegaskan  bahwa Indonesia dalam satu tahun terakhir telah diberikan pembelajaran berharga, yaitu dengan adanya Wabah Pandemi Covid-19  yang bahkan telah melanda satu dunia.


"Kita telah diberikan pengalaman yang sangat berharga. Bukan hanya bencana alam bahkan bencana non alam yaitu Covid-19’’ tegasnya.


Namun di balik semua itu, Jokowi mengapresiasi kinerja Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) atas dedikasinya ikut bekerja dalam menangani dan menyelesaikan krisis yang diakibatkan Covid-19.


"Pengalaman ini harus kita jadikan momentum memperkokoh kita dalam menghadapi bencana," kata Jokowi.


Tak hanya itu, Jokowi juga menghimbau untuk lebih mengutamakan pelaksanaan terlebih dahulu dalam penanggulangan bencana alam.


"Aspek paling penting mengurangi bencana dengan mitigasi dan pencegahan, jangan terlambat dalam penanggulangan bencana. Jangan sibuk membuat aturan yang utama adalah pelaksanaan di lapangan penanggulangan bencana," kata Jokowi.


Jokowi menegaskan dalam beberapa point kepada pemerintah pusat dan daerah dalam penanggulangan bencana salah satunya yaitu seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah harus bersama-sama bersinergi untuk upaya pencegahan, mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan. Pemerintah daerah perlu melakukan pengendalian tata ruang berbasis pengurangan risiko bencana.


Sementara itu, Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan selama pandemi covid-19 Indonesia terus berupaya menanganinya paralel dengan kestabilan ekonomi nasional.


“Melalui Rakornas kita selaraskan tatanan penanganan kebencanaan, terus mempertahankan yang baik, menambah kekurangan,” ujar Doni Monardo.


Doni juga mengatakan jumlah bencana yang terjadi di Indonesia pada 2020 mencapai 3.253 kali atau 9 kali kejadian bencana setiap hari.


"Dari 35 negara yang berisiko bencana, Indonesia merupakan salah satunya," ucap Doni.


Turut mengikuti Rakornas itu bersama Bupati Eka Putra yaitu Asisten Ekobang Edi Susanto, Kalaksa BPBD Thamrin dan Kepala Dinas PMDPPKB Nofenril. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!