Breaking News

March 14, 2021

Remaja Harus Produktif, Agar Terhindar Dari Hal Negatif

Oleh : Diva Saraswati

(Member Sekolah Srikandi, Siswi XI Yadika 5 Tangerang)


Fokussumatera.com-Tak terasa ya, kini kita sudah ada di masa remaja. Saat-saat yang kalau diibaratkan bunga sedang ranum-ranumnya. Masa yang juga sering disebut sebagai masa pencarian jati diri. Oleh karena itu, jangan sampai ranum bunga itu layu sebelum waktunya. Kita harus merawatnya sehingga menjadi luar biasa. Inilah saatnya menjadi remaja yang produktif.


Remaja produktif artinya memang dirinya punya banyak hal positif, meski begitu ia tak merasa jumawa. Sebaliknya, remaja yang tidak produktif, kelebihannya sedikit saja namun sombongnya luar biasa. Hoho.


Kalian pilih yang?! Ah tentu saja ingin jadi remaja yang produktif, kan? 


Produktif merupakan kegiatan yang menghasilkan sesuatu yang baru atau mencoba hal yang berbeda dalam konteks yang positif. Contohnya seperti kita membaca buku, membuat kerajinan, dan memasak sebuah makanan.


Kenapa sih remaja harus produktif ?.

Remaja harus produktif dalam kegiatan yang positif agar terhindar dari hal negatif. Teman-teman nggak mau kan jadi orang yang pemalas dan tidak mau berusaha.


Yuk kita bahas ciri-ciri remaja yang produktif.


*1. Mandiri*

Ini dia nih ciri remaja yang produktif, mandiri. Apa itu mandiri? Menurut KBBI. Ia berarti keadaan dapat berdiri sendiri dan tidak bergantung kepada orang lain. Kenapa remaja yang yang mandiri disebut remaja yang produktif. karena, remaja nan mandiri tidak melulu bergantung mengandalkan orang tua dan orang lain. Prinsip ini sangat berguna untuk melakukan kegiatan yang positif


*2. Selalu Aktif*

Ciri berikutnya remaja yang produktif ialah aktif, baik kegiatan intra maupun ekstra. Baik itu kegiatan disekolah maupun diluar sekolah. Always on! Begitu bahasa gaulnya. Mereka tahu pentingnya menjadi seorang aktivis, bukan sekedar ikut-ikutan teman. Mereka sadar menjadi pribadi yang aktif dapat menuntun diri ke remaja yang produktif.


*3. Kreativitas*

Dengan Kreativitas akan membuat hidup menjadi lebih indah karena akan dikelilingi oleh hal-hal yang bervariasi dan tidak monoton. Kreativitas menjadi langkah awal terjadinya inovasi perubahan-perubahan. Inovasi adalah hasil pendayagunaan kreativitas tertentu sehingga menjadi sebuah cara, proses, produk, atau sumber nilai baru, yang berbeda dari sebelumnya.


Nah teman-teman udah tau kan beberapa ciri-ciri dari remaja yang produktif. Realita memang kadang lebih kompleks dari teori-teori. Tapi adakalanya kenyataan malah jauh lebih mudah. Terlepas dari itu semua, yang terpenting sejatinya adalah MAU atau TIDAK bersikap produktif?!


Inilah waktunya tuk buktikan….


Baik, agar lebih terpantik lagi, kali ini heningkan diri! Konsentrasi! Dan ucapkan bahwa teman-teman bisa menjadi produktif dalam hati sebagai pernyataan diri untuk menjadi remaja yang produktif.

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!