Breaking News

Connect With us

April 28, 2021

Keltan Usaha Tempe Mandiri Desa Sikalang Terima Bantuan dari PT. PLN Persero UPK Ombilin


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Ombilin kembali menyalurkan bantuan Tanggung Jawab Sosial  dan Lingkungan (TJSL/CSR) salah satunya diberikan kepada Kelompok Tani (Keltan) Tempe Mandiri Desa Sikalang, Kecamatan Talawi, Kota Sawahlunto.


Kepala Desa Sikalang Edi Narwin Daulay  mengatakan Bantuan TJSL/CSR tersebut diserahkan dalam acara Launching Program PLN Peduli di Gedung Serbaguna PLN di Talawi, Jumat (23/4).


‘’Bantuan diserahkan  langsung oleh  Bapak Walikota Sawahlunto Deri Asta dan Bantuan diserahkan kepada 9 penerima manfaat program PLN Peduli dan 5 penerima zakat harta karyawan UPK Ombilin’’ ujar Edi Narwin kepada fokussumatera.com Rabu, 28 April 2021.


Total bantuan TJSL/CSR yang disalurkan adalah sebesar Rp 355 juta dan Rp 132,5 juta zakat dari Yayasan Baitul Maal. Diantara  9 penerima bantuan itu antara lain: Pembangunan Balai Adat Kerapatan Adat Nagari (KAN) Sijantang sebesar Rp 30 juta; Pengembangan budidaya singkong Kelompok Tani Parigi jaya Desa Sijantang  sebesar 40 juta rupiah; Pipa irigasi sawah Kelompok Tani Maju Basamo Talawi Hilie sebesar Rp 10 juta rupiah; Produk makanan olahan dari ikan lele KWT. Anggrek Desa Salak sebesar Rp 10 juta rupiah; Pengembangan usaha tanaman hortikultura menggunakan media hidroponik Kelompok Tani Bismillah Desa Salak sebesar Rp 50 juta; Pembinaan pengrajin songket kelompok Songket Berkat Yakin Talawi Mudik sebesar Rp 50 juta; Pemanfaatan FABA menjadi batako dan paving block untuk Bumdes Karya Muda Mandiri (Desa Salak) Bumdes Talago Ameh (Desa Talawi Hilie) dan Bumdes Kolok Nan Tuo dengan total sebesar Rp 100 juta ; Pengembangan produk makanan olahan dari tempe, kelompok usaha Tempe Mandiri Desa Sikalang sebesar Rp 25 juta dan Perluasan area perkebunan serai wangi Keltan Atsiri Berkat Yakin Desa Balai Batu Sandaran Rp 40 juta. 


Sementara  bantuan dari Yayasan Baitul Maal yang merupakan zakat harta dari karyawan PLN UPK Ombilin di tahun 2021 khusus di bulan suci Ramadan 1442 Hijriyah sebesar Rp 132,5 juta dengan rincian sebagai berikut :


1. Bantuan Mustahik usulan pegawai untuk warga di sekitar area PLTU sebesar Rp 50 juta 

2. Bantuan fakir miskin untuk masyarakat sekitar sebesar Rp 34 jutar

3. Bantuan Guru Tahfidz sebesar Rp 28, 5 juta

4. Bantuan Rumah Makan Tahfidz An-Nur sebesar Rp 6 juta 

5. Bantuan masker dan biaya berobat masyarakat miskin sebesar Rp 13 juta 


Menerima bnatuan tersebut Kepala Desa Sikalang Edi Narwin Daulay mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada PT PLN Persero UPK Ombilin dan juga Pemko Sawahlunto.


‘’Kita berharap semoga bantuan yang diberikan bermanfaat dalam pengembangan usaha khususnya Kelompok Tani  Tempe Mandiri Desa Sikalang. Dan kita berharap kedepannya akan terus ada pembinaan dari Pemko maupun pihak-pihak lain Swasta/BUMN sehingga KelompokUsaha yang ada di Kota Sawahlunto ini lebih maju lagi’’ pungas Edi Narwin Daulay. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!