Breaking News

April 13, 2021

Kunjungi Menparekraf, Bupati Suhatri Bur Paparkan Potensi Wisata Padang Pariaman


FS.Padang Pariaman(SUMBAR)-Demi meningkatkan destinasi wisata di daerah, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, menyambangi Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang disambut langsung oleh Menteri Sandiaga Uno pada, Selasa (13/04) di Jakarta.


Dalam kunjungan tersebut Bupati Padang Pariaman mengatakan Padang Pariaman merupakan pintu gerbangnya Sumatra Barat yang terdiri dari 17 kecamatan dimana 6 kecamatan dilalui oleh pesisir pantai dan 11 lainnya berada pada perbukitan yang memiliki banyak destinasi wisata diantaranya Lubuk Nyarai yang telah memiliki setifikat tracking nomor satu didunia, 72 destinasi wisata yang sudah digarap namun masih setengah penggarapannya. Oleh sebab itu dari sekian banyak destinasi wisata tersebut ada destinasi wisata yang sangat besar keuntungannya jika lebih dikembangkan secara baik lagi.


“Sumatera Barat memiliki komitmen bahwa salah satu penunjang PAD yakninya sektor pariwisata. Padang Pariaman telah tiga kali pemekaran. Pemekaran pertama Kepualuan Mentawai, ini merupakan termasuk wisata yang dibanggakan. Selanjutnya Kota Pariaman, beberapa penunjang wisata yang sangat tinggi yang perlu diperhatikan diantaranya disebelah bandara ada Muara Anai yang berpotensi," terang Suhatri Bur.


Suhatri But menambahkan, sebelumnya Pemkab Padang Pariaman sudah berkomitmen dengan wakil gubernur yang dulu akan menjadikan Muara Anai ini sebagai wisata air yang nantiya juga akan dibuat pelabuhan untuk memudahan transportasi ketika wisatawan lokal maupun mancanegara yang hendak ke Pariaman.


"Pulau Mandeh maupun Mentawai oleh karenya kami berharap agar cita-cita ini dapat diwujudkan,” terangnya.


Ia juga menyebutkan, Padang Pariaman juga memiliki kawasan wisata religius yang terbesar di Sumatra karena setiap tahunnya pada bulan safar jumlah pengunjung bisa mencapai satu juta yaitu makam syekh burhanudin yang merupakan tempat asal berkembangnya agama islam di Minangkabau. Tahun kemaren Padang Pariaman telah menerima bantuan sebsear 140 Milyar dan sudah digunakan oleh PUPR tapi karena pandemi covid juga itu belum sempat dilaksanakan.


"Oleh karenanya sekarang mengajukan lagi menjadi 144 M, sehingga ini bisa difinalkan dan melanjutkan membangunan wisata ini.


“Destinasi wisata ketiga Padang Pariaman juga memiliki wisata pantai yang berbeda dari  yang lain, yakninya pantai tiram yang juga memiliki kawasan wisata kuliner yang dilewati oleh muara tapakis dan dibaliknya ada pantai tahun kemaren memperoleh DAK 1,2 M yang digunakan untuk menyelesaikan master plane dan beberapa hal pokok yang dilakukan, kalau seandainya kementrian pariwisata memberikan 6 Milyar saja itu akan digunakan untuk membuat jembatan seperti jembatan ampera sungai musi untuk menuju pantai yang sudah dikemas dan ditanami gaharu juga sebelumnya kawasan panti tiram ini juga pernah menjadi pembukaan Tour De Singkarak yang ketiga dan tinggi harapan kami karena ada pantai. kuliner dan muara sehingga bisa melakukan wisata air tawar dan laut.


Pada kesempatan ini Bupati Padang Pariaman juga menyerahkan propsal terkait pembangunan dan perkembangan wisata di Kabupaten Padang Pariaman.(war)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!