Breaking News

April 25, 2021

Luar Biasa, UNP Raih 5 Besar Terindeks Publikasi Internasional Scopus Nasional Tahun 2021


FS.Padang(SUMBAR)-Prestasi yang reputasional diraih oleh Universitas Negeri Padang (UNP) dalam publikasi ilmiah internasional bereputasi terindeks Scopus tahun 2021 (Univeristy Rangking 2021–Scimago Insitutions Rankings), yakni dengan meraih ranking 5 (lima) besar dari Perguruan Tinggi, yang ada di Indonesia. 

Pemeringkatan ini didasarkan atas kinerja luaran dosen UNP berupa artikel ilmiah yang dipublikasikan pada Jurnal dan Proseding internasional serta dokumen lain yang terindeks yang dinilai dalam empat tahun terakhir, yaitu tahun 2015 -2019.


Adapun 10 besar Perguruan Tinggi yang dalam masuk perankingan ini adalah; Universitas Indonesia, UIN Sunan Gunung Djati, Universitas Hasanuddin, Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Padang, Institut Pertanian Bogor, Universitas Sumatera Utara, Universitas Diponegoro, Institut Teknologi Bandung dan Universitas Lampung.

Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D menyatakan bahwa hasil yang diperoleh UNP tahun 2021 ini, merupakan kerja keras semua pihak dalam menulis artikel, yang merupakan publikasi hasil penelitian, maka selanjutnya diharapkan komitmen dan kinerja dosen untuk terus menghasilkan karya-karya ilmiah yang berkualitas dan diindeks oleh lembaga bereputasi internasional. 

“Kita jangan merasa puas dulu, tetapi bagaimana menjaga performa sekaligus meningkatkan prestasi terkait, menjadi yang lebih penting, karena itu, UNP sejak tahun 2017 yang lalu telah memberikan reward bagi dosen yang karyanya lolos di jurnal internasional bereputasi seperti jurnal terindeks Scopus, WOS dan lain-lain," ujar Ganefri.

Sementara itu Kepala LP2M (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) UNP, Yohandri, M,Si, Ph,D menyampaikan perjalanan UNP dalam University.

Rangking –Scimago Insitutions Rankings ini, dimulai sejak tahun 2020 saat itu UNP baru berada di rangking ke-27 nasional, karena sebelum tahun 2020 UNP belum masuk zona perankingan tersebut, jadi hasil yang diraih lima besar secara nasional tahun 2021 ini, merupakan hasil yang patut dibanggakan kata alumnus Program Doktor Fisika Chiba University Jepang ini.(Humas UNP).

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!