Breaking News

May 28, 2021

Koramil 1202-09/Jgb Melaksanakan Jumat Bersih di Lokasi Bung Jagoi

28 Mei 2021



FS.Jagoi Babang(Kalbar) - Jumat (28/5/21) Koramil 1202-09/Jgb bersama element masyarakat melaksanakan Gotong-royong Pembersihandan Perawatan Area Rumah Adat Jagoi Babang di Lokasi Bung Jagoi Desa Jagoi Kec. Jagoi Babang Kab. Bengkayang.

Pada kesempatan kali ini, Danramil 1202-09/Jgb beserta anggota bersama Kades Jagoi, Satgas Pamtas Yonmek 643/Wns, Bea Cukai, Tomas, Todat dan masyarat melaksanakan Jumat Bersih dalam rangka Perawatan Area Rumah Adat Jagoi yang  tahun ini tidak melaksanakan Ritual Adat Naik Dango yang biasa tiap tahun dilalukan masyarakat Jagoi Babang.

Danramil 1202-09/Jgb mengatakan. Dengan keunikan dan keragaman budaya inilah oleh Dinas Pariwisata Kab. Bengkayang mensuport sebagai Destinasi Wisata Budaya Daerah yang harus dipertahankan dan harus dilestarikan agar generasi muda mengerti kultur budaya lokal.

Dimasa-masa sebelum Pademi Covid-19, area rumah adat yang kita bersihkan ini, banyak wisatawan lokal dan manca negara berdatangan termasuk pejabat pemerintah pusat untuk menyaksikan keunikan budaya suku dayak Bidayuh.

Maka untuk menghargai sebuah budaya kita di Indonesia yang ber-Bhenika Tunggal Ika dan khususnya di Jagoi Babang kita semua wajib merawat, menjaga, memelihara dan melestarikannya jangan sampai rusak, ini merupakan apresiasi generasi muda dalam Pelestarian Budaya, kita sebagai TNI-AD yang bertugas Pembinaan Teritorial, kita sangat mensupot atas semangat kebangsaan dalam usaha merawat kultur budaya lokal, tegasDanramil Mayor Inf Katirin.

"Dimana yang kita tau dalam Ritual Adat Naik Dango tahun sebelumnya sebelum wabah Pademi Covid-19 banyak yang berdatangan untuk menyaksikan Ritual Adat Dayak Bidayuh. Untuk kali ini kita bersama-sama membersihkan area rumah adat sebagai bentuk menghormati budaya leluhur dikarenakan tahun ini tidak ada ritual," pungkas pak Dedeng sebagai Kepala Desa Jagoi.
(Pendim 1202/Skw)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!