Breaking News

July 16, 2021

Komandan Satuan Setingkat Kompi (SSK) TMMD Ke-111 Kodim 1207/Pontianak Berikan Materi Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan

.


Kubu Raya MJNEWS.ID - Kapten Kav Edi Darmadi selaku Komandan Satuan Setingkat Kompi (SSK) dalam satgas TMMD ke-111 Kodim 1207/Pontianak memberikan penyuluhan tentang wawasan kebangsaan dan bela negara kepada masyarakat Dusun Maju Jaya, Desa Kuala Mandor B, Kecamatan Kuala Mandor B, Kabupaten Kubu Raya, yang dilaksanakan di pondok pesantren Salafiyah Haqqulyqin Assahliyyin, Selasa (06/07/2021).

Kegiatan penyuluhan tersebut merupakan salah satu sasaran kegiatan non fisik selain dari sasaran fisik berupa membangun jalan di Dusun Maju Jaya, Desa Kuala Mandor B, Kecamatan Kuala Mandor B, Kabupaten Kubu Raya, dalam rangka kegiatan TMMD ke-111 Kodim 1207/Pontianak. Hal ini diharapkan masyarakat paham dan mengerti tentang hak dan kewajiban sebagai warga negara dalam keikutsertaan didalam membela dan mempertahankan NKRI.

Diketahui dari awal penyampaiannya, DanSSK menjelaskan tentang sejarah terbentuknya negara Indonesia dimana negara ini terbentuk karena adanya perjuangan dari para pendahulu dalam merebut kemerdekaan. Serta meletakkan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara, diantaranya dijadikan Pancasila sebagai satu satunya ideologi negara Indonesia.

“Kondisi saat ini bangsa dan negara Indonesia mulai menipisnya jiwa patriotisme, generasi muda banyak dipengaruhi oleh kemajuan era globalisasi dimana salah satunya munculnya sikap anarkis dalam kehidupan masyarakat. Tumbuhnya separatis dan terorisme, penyalahgunaan narkoba, terjadinya tawuran antar pelajar dan banyaknya berita hoax yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa terutama ditengah wabah pandemi covid -19” ucap Kapten Kav Edi Darmadi. 

“Dalam rangka mempertahankan keutuhan bangsa dan negara Indonesia, sebagai generasi penerus bangsa harus mampu dan sanggup menjaga keutuhan bangsa dengan berbagai upaya diantaranya bela negara. Itu adalah salah satu tekad, sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara” ujar Kapten Kav Edi Darmadi.

“Juga wujud dari usaha bela negara adalah kesiapan dan kerelaan setiap warga negara untuk berkorban demi mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatan negara, kesatuan dan persatuan bangsa serta keutuhan wilayah dan yuridiksi nasional dan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945” tambah Kapten Kav Edi Darmadi.

“Dan upaya bela negara selain sebagai kewajiban dasar manusia, juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara yang dilaksanakan dengan penuh kesadaran, tanggung jawab, dan rela berkorban dalam pengabdian kepada negara dan bangsa. Pembelaan negara bukan semata-mata tugas TNI, tetapi juga segenap warga negara termasuk seluruh warga yang ada disini” jelas Kapten Kav Edi Darmadi.

Sementara itu, usai kegiatan salah satu tokoh setempat (Ahmad) yang juga turut hadir dalam penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara memberi apresiasi tinggi kepada satgas TMMD ke-111 Kodim 1207/Pontianak. Ia mengatakan, “Kami selaku warga Dusun Maju Jaya sangat berterima kasih dan memberi apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya penyuluhan wawasan kebangsaan dan bela negara bagi masyarakat di dusun kami dan kami berharap kedepannya agar penyuluhan ini mampu merubah mindset dan pola pikir tentang bela negara, yang selama ini hanya dipahami tugas militer semata. Dan kami baru pahami bahwa kita berbuat, bekerja dengan benar sesuai profesi kita, sudah termasuk bela negara” ucapnya.

(Pendim 1207/Pontianak)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!