Breaking News

July 21, 2021

Pastikan Pemberlakuan Prokes Bupati Bersama Wakil Bupati Asahan Tinjau Pelaksanaan Penyembelihan Hewan Qurban

                                                                    21 Juli 2021

FS.Asahan(SUMUT)-Momentum Hari Raya Idul Adha atau juga sering disebut dengan Hari Raya Kurban. sebagai salah satu hari besar bagi Ummat Islam se-dunia, kepada sesama. Khusunya bagi Ummat Islam yang memiliki kemampuan untuk menyembelih hewan qurban yang biasanya dilakukan pasca mengikuti Sholat Idul Adha.

Namun 2 tahun ini (1441 H/2020 M dan 1442 H/2021 M) perayaan Hari Raya Idul Adha berbeda dari tahun sebelumnya, dilakukan dengan menerapkan Prokes Covid-19 dalam pelaksanaan Sholat Ied Adha 1442 H/2021 M dan Penyembelihan Hewan Qurban. Di Masjid Agung H. Achmad Bakrie Kisaran, Rabu (20/7).

Akan hal ini, Pemkap. Asahan mempedomani SE Menteri Agama RI No. 15 dan 16 Perihal Prokes, Petunjuk Teknis Pelaksanaan kegiatan Hari Raya Idul Adha 1442 H/2021 M. Dimana pelaksanaan Sholat Idul Adha 1442 H dapat dilaksanakan di Masjid/Musholla dan lapangan terbuka dengan mematuhi Protokol Kesehatan, jama'ah Sholat Idul Adha diharapkan dalam keadaan sehat dan BKM terus melaksanakan pemantauan jama'ah yang datang dari luar. 

Penyembelihan Hewan Ourban agar tidak menimbulkan kerumunan, melihat secara langsung pelaksanaan penyembelihan hewan qurban, apakah sudah sesuai dengan himbauan dan intruksi dari Bupati Asahan, dimana intruksi tersebut mengatakan penyembelihan hewan qurban seyogyanya dilakukan di Dinas masing-masing, setelah itu menyerahkan daging qurban ketempat yang telah ditentukan untuk dibagikan kepada masyarakat yang menerima.

Disela-sela peninjauannya, Surya, mengatakan, sebagai Ummat Islam kita harus menauladani sifat Nabi Ibrahim as yang memiliki ketaqwaan kepada Allah SWT yang luar biasa dengan rela menyembelih anaknya sendiri Nabi Ismail atas perintah Allah SWT, yang kemudian dengan izin Allah SWT berubah menjadi seekor hewan sembelihan yang besar.

Wakil Bupati Asahan Taufik Zainy Arifin Siregar, juga berpesan agar masyarakat dapat mengambil hikmah dari pelaksanaan ibadah qurban. "Saya berharap kita dapat mengambil hikmah terbesar dari pelaksanaan ibadah Qurban sebagai bentuk keikhlasan kita untuk berbagi kepada sesama," Imbuhnya Wabup.
(Dorman)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!