Breaking News

August 2, 2021

Wako Genius Umar : Pendamping dan Penyuluh Agama Desa Harus Bisa Memaksimalkan Potensi Desa


FS.Pariaman(SUMBAR)-Walikota Pariaman, Genius Umar pimpin apel pendamping desa berdikari dan penyuluh agama desa, di gedung LKAAM (Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau) Desa Pauh Barat, Kecamatan Pariaman Tengah pada, Senin (2/08).

Dalam apel yang digagas oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kota Pariaman, Genius mengatakan, pendamping desa berdikari dan penyuluh agama desa memiliki peran aktif dalam kehidupan seosial bermasyarakat, menggali dan memaksimalkan potensi desa sesuai dengan peran masing-masing.


"Kalau kehadiran kita di desa tidak dapat merubah apapun yang telah menjadi kebiasaan di desa, maka pendamping desa berdikari dan penyuluh agama desa, tidak memberi manfaat bagi desa dan masyarakat, dan kita harus introspeksi diri untuk itu," ujar Genius Umar.


Pendamping desa berdikari dituntut lihai membaca dan menganalisa persoalan yang dihadapi masyarakat desa, kemudian dilaporkan kepada pimpinanya, sehingga apa saja yang terjadi di desa, dapat dicarikan solusinya.


"Sejauh ini, melalui kordinator pendamping desa berdikari, saya selalu menerima laporan tentang apa saja yang terjadi di desa, dan diharapkan penyuluh agama juga demikain," ungkap Genius.


Karena itu lanjutnya, akan menunjuk mantan Kadis Sosial, Afnil yang telah purna tugas sebagai ASN, untuk menjadi kordinator bagi penyuluh agama desa, agar tercipta sinkronisasi antara program pemerintah dengan penyuluh agama desa.


Genius menyampaikan agar penyuluh agama dapat meningkatkan kegiatan keagamaan yang ada di desa, mulai dari magrib mengaji, subuh mubarokah, ajakan untuk meramaikan mesjid dan mengaktifkan remaja mesjid yang ada di desa masing-masing.


"Tugas pendamping desa berdikari dan penyuluh agama desa, harus dapat menjadi mata hati dan kaki tangannya kepala daerah, dan dapat bersinergi dengan Kepala Desa masing-masing, tentang apa yang akan dibuat dan digagas di desa nantinya," tuturnya.


Pendamping desa berdikari di Kota Pariaman ini merupakan satu-satunya yang ada di indonesia, dimana pelantikan mereka ini, dilakukan langsung oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar di Juli 2020 yang lalu.(war)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!