Breaking News

Connect With us

November 4, 2021

Deretan Karya WBP dari Balik Tembok Penjara


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Kanwil Kemenkum HAM Sumatera Barat terus mendorong lingkup pemasyarakatan agar tidak berhenti berkarya. Meski berada di balik tembok penjara, aktitifitas yang mengarah pada pembekalan keterampilan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) terus digerakkan sehingga sasaran pembinaan yang diterapkan sejak awal dapat direalisasikan,  bukan sekedar cerita.


Hal itu diungkapkan Kepala Kanwil Kemenkum HAM Sumatera Barat, R. Andika Dwi Prasetya, Kamis (4/11/2021).


Berbagai hasil kerajinan dan produk UMKM telah dipasarkan diluar lingkup pemasyarakatan dan tidak sedikit yang meminati hasil kerajinan tangan produksi warga binaan dari Lapas dan Rutan Sumbar tersebut.


Diantara hasil kerajinan yang mayoritas diminati masyarakat adalah produksi ambal  dari Lapas Khusus Narkotika Sawahlunto, Budi Daya burung Hias di Rutan Sawahlunto, produk piring dari rotan dan usaha bakery di Lapas Muaro Padang.


"Kesemua itu bagian dari  upaya Lapas dan Rutan dalam memberdayakan potensi sumber daya manusia dengan tujuan peningkatan kesejahteraan warga binaan pemasyarakatan," ujarnya.


Lebih lanjut R. Andika Dwi Praseyta menjelaskan, untuk saat ini, baik pemerintah maupun swasta harus saling rangkul dalam pemulihan ekonomi setelah lama digerus pandemi Covid19.


Upaya mandiri yang degerakkan dari dalam Lapas dan Rutan diyakini dapat membantu pemerintah dalam meminimalisir beban  pengangguran di daerah.


"Usai menjalani masa hukuman, Warga Binaan sudah memiliki bekal untuk mereka bisa menjalankan kehidupan secara normal tanpa harus berbuat hal-hal yang dapat menyeret mereka kembali ke penjara. Negara pun ikut terbantu karena kesempatan kerja semakin terbuka, dibuktikan tumbuhnya usaha mandiri di berbagai daerah," ungkap Andika. (ML)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!