Breaking News

Connect With us

November 13, 2021

Gelar FPM, Pemkab Tanah Datar Undang Awak Media untuk Jumpa Pers


FS.Tanah Datar (SUMBAR)-Festival Pesona Minangkabau (FPM) akan dihelat di Tanah Datar Sabtu s/d Minggu (13 s/d 14 November 2021).


Ini merupakan kabar gembira bagi masyarakat Tanah Datar dan ppencinta Wisata. setelah sempat absen di tahun 2020 akibat Pandemi Covid-19, akhirnya FPM dihelat kembali di Bumi Luhak Nan Tuo Tanah Datar.


Dalam rangka mempersiapkan dan mensosialisasikan Event Tahunan tersebut, Pemerintah Kabupaten Kabupaten (Pemkab) Tanah Datar yang diprakarsai  oleh Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Parpora) dan Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Tanah Datar menggelar Jumpa Pers dengan Wartawan yang bertugas di Tanah Datar, di Gedung PKK Tanah Datar, Indo Jolito Batusangkar, Rabu (10/11/2021).


Kadis Kominfo Drs.Abrar, yang membuka acara mengucapkan terima kasih atas kehadiran rekan-rekan media yang bertugas di Tanah Datar.


Sementara dalam eksposnya Kedis Parpora Abdul Hakim menjelaskan bahwa Kalender Event Tanah Datar sebelumnya sudah masuk ke dalam 100 Wanderfull Indonesia.


"Tahun 2019, kita terakhir melaksanakan kegiatan, kemudian di bulan April kita dinilai oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam bentuk ekspose zoom untuk pelaksanaan event Festival Pesona Minangkabau (FPM).Dinilai lagi, karena setiap tahun Kabupaten/Kota mengusulkan event-event yang ada di Kabupaten/Kota masing-masing untuk dikirim ke Provinsi, kemudia Provinsi mengirimkan ke Kemenparekraf" jelas Abdul Hakim.


Setelah dilakukan tahapan penilaian Tanah Datar lulus ke Kharisma Event Nusantara.


"Kalau dulu namanya 100 Wanderfull Indonesia, sekarang Karisma Event Nusantara. Tanah Datar satu-satunya di Sumatera Barat yang mendapat dukungan dari Kemenparekraf RI" tambanya.


Abdul Hakim juga katakan akan mengundang Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam event FPM tersebut, seandainya tidak bisa hadir Menparekraf akan hadir melalui zoom.


Lebih lanjut dikatakannya, FPM ini digelar telah mendapat izin dari Kemenparekraf RI dan pelaksanaannya sudah mendapat izin dari Satgas Covid-19 dan Polres setempat.


"Jadi event ini bukan event Tanah Datar atau Sumatera Utara saja, tetapi adalah event Nasional" ujarnya.


Terkait dengan situasi Pandemi Covid-19 yang masih belum usai, Abdul hakim katakan event FPM telah diatur dan dipersiapkan sedemikian rupa dan pelaksanaannya menerapkan disiplin  Protokol Kesehatan (Prokes) ketat.


Sementara itu Tim Kreatif FPM, Hijrah dalam eksposnya menjelaskan Teknis Pelaksanaan Event FPM ini.


Hijrah juga menjelaskan bahwa para pengunjung yang akan menyaksikan festival harus menunjukkan Surat/Bukti sudah divaksin, dan kalaupun belum divaksin maka akan diarahkan untuk Vaksin di lokasi, karena event FPM juga menyediakan Gerai Vaksin Covid-19.


Hal senada juga diungkapkan Kadis Kominfo Drs. Abrar. Drs. Abrar berharap partisipasi rekan-rekan Wartawan di Tanah Datar dalam menyebarluaskan informasi tentang pelaksanaan Event FPM kepada masyarakat.


"Semoga FPM yang kita laksanakan berjalan sukses dan dpat memperkenalkan budaya Minangkabau ke tingkat nasional  maupun dunia untuk menumbuhkan gairah sektor wisata di Tanah Datar" ujar Abrar.


Acara diakhiri dengan diskusi seputar Teknis Pelaksanaan PMB, dan juga ada beberapa rekan Wartawan yang menyampaikan usulan dan saran demi suksesnya event tahunan Tanah Datar ini.(ML)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!