Breaking News

November 27, 2021

Pasaman Bumikan Al Qur'an dengan Program Cerdas Qur'an


FS.Pasaman(SUMBAR)-Menciptakan generasi yang qurani adalah misi besar Kabupaten Pasaman, terutama dalam menciptakan sumberdaya manusia dimasa datang. Sebagai wujud nya Pemkab Pasaman telah menjadikan program Imtaq sebagai salah satu program dalam RPJMD daerahnya.


Semua elemen pendidikan dan masyarakat pasaman nantinya didorong  dan bergerak secara bersama melahirkan para penghafal alquran. 


"Alhamdulillah,  sebagai daerah yang banyak melahirkan ulama besar seperti Tuanku Rao,  bahkan juga pahlawan nasional seperti tuanku imam  benjol, menjadi keharusan bagi kita untuk melanjutkan apa yang telah di tinggal kan oleh pendahulu-pendahulu kita ini," terang Bupati Pasama  Beni Utama disela pembukaan Program Cerdas Quran  tingkat SD dan SMP se Kabupaten Pasaman, Sabtu 27/11.


Lebih jauh Beni Utama menjelaskan bahwa pendidikan alquran yang dilaksanakan secara konsisten dan terukur, nantinya akan mampu mempertahankan daerah ini terus melahirkan hafiz, qori dan qoriah. Haltersebut terlihat dari hasil pelaksanaan MTQ Nasional tingkat Sumatara Barat ke- 39 di kota Padang Panjang beberapa waktu lalu. Pasaman melalui program keagamaan yang kuat, menjadikan daerah ini tampil meraih prestasi peringkat ke -4 dari 19 Kabupaten Kota yang ikut berlagak dalam ajang MTQ XXXIX di Kota Padang  Panjang.


"Tampil sebagai peringkat empat merupakan sebuah kebanggaan bagi kami, karena akan memotifasi kami untuk terus membumikan alquran di Pasaman. Sedangkan Ajang Cerdas quran  Tingkat SD dan SMP se Kabupaten Pasaman yang fmdigelar kali ini, tentunya sangat selaras dengan program IMTAQ yang telah kita tuangkan dalam RPJMD daerah," tegas Bupati Beni Utama.


Sementara itu, Wakil Bupati Sabar AS yang ikut hadir dalam iven Cerdas Quran, kerjasama Padangtv dengan Dinas Pendidikan Pasaman ini ikut mengapresiasi program tersebut. Menurutnya, keberhasilan sebuah daerah tidak saja dilihat dari banyaknya  pembangunan infrastruktur yang dibangun akan tetapi seberapa besar lahirnya SDM berkualitas yang dilahirkan daerah.


"Sekarang kita sedang gencar menciprakan hafiz-hafiz di setiap tingkatan sekolah, jorong dan negari di Pasaman. Kita akan terus menggerakkan program seribu hafiz yang mana sebagai wujut kecintaan kita terhadap alqur'an," tegas Sabar AS yang ikut memotifasi siswa yang sedang berlaga.


Senada dengan Bupati, wakil Bupati Sabar AS juga sangat mengapresiasi program "Cerdas Qur'an yang digelar Padangtv bekerjasama dengan dinas pendidikan dan Kebudayaan Pasaman. Menurutnya, program tersebut akan membawa siswa menjadi karakter yang berani, tangguh dan percaya diri. 


"Lomba Cerdas Quran  ini tentunya akan menjadikan ruang bagi anak-anak kita menjadi sosok yang berani dan kreatif. Mereka yang biasanya hanya hebat dihadapkan kelas, nantinya akan lebih baik karena hadir didepan posisi disaksikan banyak orang dan bahkan tampil di siapkan langsung Padangtv," terang Sabar.


Ratusan pelajar tingkat SD dan SMP ikut ambil bagian dalam iven yang akan digelar selama 5 hari tersebut karena akan  menjadi wadah bagi hafiz-hafis sekolah menunjukkan kemampuan mereka dalam adu kemampuan dalam menguasai alqur'an dan kandungannya.


Sementara itu Maneger Padangtv Defri Mulyadi, memaparkan  "Cerdas Quran" bahwa program tersebut merupakan upaya mencarikan ruang kepada siswa-siswi untuk tampil dan memecah kebuntuan mereka belajar selama pandemi.


"Saat ini sangat masif gerakan hafiz qur'an di Sumatera Barat dan jadi kewajiban bagi kita bersama menjaga semangat mereka untuk terus membumikan alqur'an di negeri kita ini" terang pria biasa dipanggil imung ini.


Pada pembukaan Cerdas Quran tersebut terlihat atusias Siswa-siswi, orang tua, guru dan kepala sekolah mengikuti setiap babak pertandingan dengan antusias. Ratuasan Siswa dari SD dan SMP se Kabupaten Pasaman akan berlaga untuk tampil sebagai hafiz terbaik selama lima hari kedepan. (Ist)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!