Breaking News

February 17, 2022

20 Wali Nagari Terpilih di Tanah Datar Resmi Dilantik


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Sebanyak 20 orang Wali Nagari (Wanag) yang terpilih dalam Pilwanag serentak Tanah Datar, 16 Desember  2021 lalu resmi dilantik oleh Bupati Tanah Datar. Proses Pilwanag, hingga pelantikan dan pengambilan Sumpah Jabatan ini memakan waktu yang cukup panjang, akibat terkendala situasi pandemic Covid-19.


Seharusnya ada 21 Wanag terpilih yang dilantik, namun karena salah satu Wanag ada kemalangan orang tuanya meninggal dunia ( Firman Wanag Terpilih Nagari Simawang, Kecamatan Rambatan), maka hanya 20 orang yang dilakukan pelantikan dan pengambilan Sumpah Jabatan, dan rencananya pelantikan Firman akan dilaksanakan secara tersendiri di Indo Jolito, Batusangkar.


Bupati Tanah Datar dalam sambutannya mengatakan ‘’Biduak lalu, kiambang batawuik’’. Ketika proses politik telah berakhir, maka proses administrasi di mulai. Karena itu mari bersama-sama menjaga suasana kondusif di wilayah masing-masing’’ UJAR Bupati Eka Putra dalam sambutannya usai kegiatan Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Wali Nagari Terpilih serta Pelantikan Ketua TP PKK Nagari Masa Jabatan 2022 – 2028, Senin (14/2/2022) di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar.  


“Selepas pengambilan sumpah dan pelantikan ini, saya harap saudara Wali Nagari semua dapat merangkul seluruh elemen di Nagari untuk melaksanakan pembangunan maupun menyelesaikan permasalahan di nagari. Rangkul dan libatkan Calon Wali Nagari yang lain untuk bersama-sama membangun Nagari,” katanya. 


Eka Putra tambahkan, Hal yang biasa terjadi , Wali Nagari yang baru dilantik hal pertama yang dilakukannya adalah mengganti Perangkat Nagari. ‘’Saya ingatkan saudara, pahami regulasi atau peraturan tentang tata cara pengangkatan dan pemberhentian perangkat nagari, sehingga tidak menimbulkan persoalan di kemudian hari,” katanya. 


Dan terkhusus terhadap pengelolaan Anggaran Pendapatan Belanja (APB) Nagari, sampai Eka, diharapkan untuk berhati-hati, karena setiap rupiah yang dibelanjakan harus dipertanggungjawabkan. 


“Selaku pemegang kekuasaan atas pengelolaan keuangan nagari, Saudara harus teliti dan disiplin dalam membelanjakan dana anggaran yang cukup besar. Lengkapi dengan bukti belanja yang lengkap dan sah. Saya tidak ingin mendengar nanti  Wali Nagari di Tanah Datar terjerat hokum, terkait dengan penggunaan anggaran ini,” pesannya. 


Kemudian Eka juga menyampaikan selamat atas pelantikan Wali Nagari terpilih dan ucapan terima kasih atas dukungan dan kerjasama Polres Tanah Datar dan Padang Panjang serta Kodim 0307 atas dukungan dan kerja keras turut mengamankan Pilwana Serentak 2021 lalu. 


“Kepada Wali Nagari, selamat bekerja atas amanah yang di emban, dan kepada seluruh pihak yang telah membantu, mulai dari Polri, TNI, Komisi Pemilihan Umum, BPRN, KAN, Pejabat Wali Nagari, Panitia Pemilihan dan pihak lainnya, terima kasih, semoga kerja keras menjadi amal ibadah di sisi Allah SWT,” katanya. 


Terakhir, tambah Eka, yang menjadi catatan penting lainnya, Wali Nagari hendaknya bersinergi dan bekerja sama saling koordinasi dengan Camat di daerahnya masing-masing, karena Camat merupakan perpanjangan tangan Bupati di tingkat Kecamatan. 


“Saya yakin masing-masing Wali Nagari mempunyai visi, misi dan cita-cita yang mulia, ingin majukan dan tingkatkan kesejahteraan masyarakatnya, namun tentu Saudara hendaknya juga menjalin koordinasi yang baik dengan camat ataupun instansi di pemerintah kabupaten,” tukas Eka. 


Sebelumnya ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra selepas pengambilan sumpah dan pelantikan Ketua TP PKK Nagari mengatakan, kegiatan ini sebagai langkah awal untuk meneruskan dan melaksanakan program kerja untuk 6 tahun ke depan. 


“Sukseskan implementasi 10 program pokok PKK, terutama penanganan stunting atau anak kurang gizi. Dan juga didorong untuk lebih meningkatkan jaringan kerjasama dan kemitraan dengan pemerintah, dunia usaha, lembaga kemasyarakatan setempat dan lainnya,” pesan Lise.


Kemudian Lise juga berharap, dengan berbagai macam kelompok dan jabatan yang ada di TP PKK, tentunya diharapkan ketua TP PKK Nagari mampu bekerja maksimal. 


“TP PKK selaku mitra pemerintah berfungsi sebagai fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak pada masing-masing jenjang bermula dari Nagari, yang diharapkan mampu dapat mendukung visi dan misi Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar,” ujarnya. 


Sejalan hal itu, Wakil Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra juga menyampaikan hal sama. “Atas nama DPRD Tanah Datar, Saya sampaikan selamat kepada Wali Nagari dilantik, semoga mampu mengemban amanah sebagai ujung tombak pemerintah di Tanah Datar,” katanya.


Dikatakan Anton lagi, Wali Nagari harus mampu menjadi penyambung lidah Pemerintah Daerah, Provinsi ataupun Pusat kepada masyarakat dan juga sebaliknya. 


“Wali Nagari terpilih hendaknya mampu menjadi penyambung lidah serta pelopor pembangunan di nagari masing-masing,” katanya. 


20 Wanag yang dilantik yaitu, Adenis, Sebagai Wali Nagari Koto Baru, Seri Mesra, Sebagai Wali Nagari Singgalang , Afrinal, Sebagai Wali Nagari Tambangan, Bahuri, Sebagai Wali Nagari Andaleh, Ade Putra, Sebagai Wali Nagari Batipuah Ateh, Mulyadi. BJ, Sebagai Wali Nagari Batipuah Baruah, Yudisthira Anuggraha, Sebagai Wali Nagari Bungo Tanjuang, Erizal, Sebagai Wali Nagari Gunuang Rajo, Mulyadi, Sebagai Wali Nagari Guguak Malalo, Syafril Jamal, Sebagai Wali Nagari Padang Magek ,Wilmen, Sebagai Wali Nagari Sungai Jambu.


Selanjutnya, Beni Hasbullah, Sebagai Wali Nagari Koto Tangah, Yulkusmayanto, Sebagai Wali Nagari Buo , Dasheri, Sebagai Wali Nagari Balai Tangah, Andi Musdar, Sebagai Wali Nagari Batu Bulek , Genta Maulana Akbar, Sebagai Wali Nagari Tapi Selo, Nofri Edison, Sebagai Wali Nagari Sungayang , Romi Chandra, Sebagai Wali Nagari Sungai Tarab, Syahrial, Sebagai Wali Nagari Simpuruik  dan Zulfirman, Sebagai Wali Nagari Lawang Mandahiling.


Turut hadir dalam acara,  Wakil Bupati Tanah Datar Richi Aprian, anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat, Anggota DPRD Tanah Datar, Forkopimca Tanah Datar dan Padang panjang, Kepala OPD, Camat dan Wali Nagari se- Tanah Datar dan undangan lainnya. (ML)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!