Breaking News

February 7, 2022

Dijamu Perantau Minang Sultra, Fadly Amran Bawa Buah Tangan Baju Penganten Minang


FS.Kendari(SULTRA)-Hadir di Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk menerima Anugerah Kebudayaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, Ketua Gebu Minang Sumbar, H. Fadly Amran Datuak Paduko Malano, disambut Perantau minang yang tergabung dalam Ikatan Keluarga Minang (IKM) Sultra.


Penyerahan Anugerah Kebudayaan pada Fadly Amran yang merupakan Walikota Padang, dalam rangka Hari Pers Nasional setiap 9 Februari yang bertepatan dengan tanggal lahir wako Fadly Amran, dipusatkan di Kendari, Sultra.


Kata Fadly dalam sabutannya di hadapan pengurus dan anggota IKM Sultra, dalam jamuan makan.malam, Senin (7/2/2022) malam di rumah makan Nusantara (masakan Pasang) di Kendari, menyampaikan bahwa prinsip anak minang dari kampung ketika pergi ke daerah jauh tantu mencari dunsanak. sakampung dan sangat mengapresiasi kekompakan perantau minang di Sultra.


"Allhamdulillah malam ini perantau Minang tergabung dalam Ikatan Keluarga Minang Sultra menjamu saya dan rombongan, raso indak jauh rantau malam ko," ujar  Fadly didampingi Asisten II, Iriansyah Tanjung, Kadis Kominfo Padang Panjang Ampera Salim dan  Kabid IKP Padang Panjang Maryulis Max.


Pada kesempatan itu, Fadly memaparkan kegiatan-kegiatan dan perkembangan dunia pariwisata serta pembangunan Kota Padang Panjang dalam menata kota sekaligus dalam upaya mendongkrak perekonomian masyarakat.


"Sebagai kota dengan vaksinasi tertinggi di luar Pulau Jawa, Padang Panjang dapat bantuan DID dari Pemerintah  Pusat. Nah, dana inilah yang kita bagikan bagi pelaku kecil yang terdampak pandemi covid-19. Alhamdulillah, bantuan ini sangat membantu pelaku usaha kecil kita di Padang Panjang," ungkap Fadly.


Perantau Minang di Sultra ini sempat menorehkan sejarah peduli saat gempa Sumbar. Lewat penggalang kepedulian bisa mengmpulkan sumbangan Rp 3 miliar lebih.


Kini perantau menyambut sosok yang terkenal, tokoh muda yang brlian dan runut serta runtut bahkan Gubernur Sumbar pernah mengatakan kalau Fadly Amran pemimpin Sumbar masa depan.


"Hadir di rantau jauh dan batamu langsung jo Pak Fadly Amran sebuah kebanggaan, bagi kami," ujar Ketua IKM Sultra Irwan Oktavi SE MM. Sambil berbagi menyaksikan profile IKM dan Walikota Padang Panjang.


Fadly pun tak hadir dengan tangan kosong dalam memenuhi jamuan dan ramah tamah IKM Sultra. 


"Pak Fadly membawakan seperangkat baju, anak daro jo marapulai (penganten minang) yang diakui perantau sulit mendapatkan bahannya di Kendari," ujar Sekretaris IKM Sultra Desem Suardi.


Fadly Amran mengatakan baju penganten adalah conecting budaya sehingga tak putus tradisi minang di perantauan.


"Kok ketek mohon dibesarkan, karena baju penganten minang saya antar lansung ke IKM, bagi saya adalah penting menghindari putus rantai tradisi perkawinan orang minang di mana saja berada," ujar Fadly.


Terakhir, Fadly mengajak perantau minang di Sultra untuk berkunjung ke Padang sembari menikmati kuliner minang di pusat Kuliner Padang Panjang dan menikmati keindahan alamnya.


"Sebagai Kota Serambi Mekah, kini Kota Padang Panjang telah dilengkapi dengan Islamic Center, yang beberapa waktu lalu jadi pusat pelaksanaan MTQ Nasional tingkat Sumbar. Padang Panjang siap menunggu kehadiran Bapak Bapak Ibu Ibu perantau Minang Sultra," pungkas Fadly.  (***)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!