Breaking News

Connect With us

February 5, 2022

Ini Vaksin Booster yang Dibolehkan Kemenkes


Fokussumatera.com - Booster untuk AstraZeneca bisa menggunakan vaksin dengan jenis heterolog (vaksin berbeda dengan vaksin primer) ataupun homolog (vaksin sejenis dengan vaksin primer).


Kementerian Kesehatan RI sudah memberikan persetujuan untuk sejumlah kombinasi vaksin booster untuk AstraZeneca dan jenis vaksin lainnya.


Melansir dari laman Sehat Negeriku Kemenkes, vaksinasi booster diberikan dengan pertimbangan ketersediaan vaksin yang ada tahun ini. Pemberian kombinasi vaksin juga mempertimbangkan hasil riset para peneliti di dalam dan luar negeri serta sudah dikonfirmasi BPOM dan ITAGI atau Indonesian Technical Advisory Group on Immunization.


Lalu, apa saja jenis vaksin booster untuk AstraZeneca dan vaksin lainnya? simak rangkuman informasinya berikut ini.


Syarat Mendapatkan Vaksin Booster untuk AstraZeneca dan jenis vaksin lainnya bertujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh setelah menerima vaksinasi primer 6 bulan sebelumnya. Vaksin booster ini diberikan secara gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia.


Namun, Melansir dari laman resmi Kemenkes, ada sejumlah syarat yang harus diperhatikan jika hendak menerima vaksin booster, yaitu:


1. Sudah berusia 18 tahun ke atas dan telah memiliki KTP


2. Telah mendapatkan vaksin primer (dosis 1 dan 2) dan dosis ke-2 sudah diterima lebih dari 6 bulan.


Kelompok prioritas: lansia dan kelompok penderita masalah kekebalan tubuh.


Selain itu, ibu hamil juga dapat menerima vaksinasi booster dengan jenis vaksin Pfizer atau Moderna, sesuai SE Kementerian Kesehatan No HK.02.01/1/2007/2021 tentang Vaksinasi COVID-19 bagi Ibu Hamil dan penyesuaian skrining dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19


Dari laman Satgas Covid-19, masyarakat yang memenuhi syarat penerima dosis vaksin booster dapat melakukan pengecekan tiket dan jadwal vaksin booster. Pengecekan ini bisa dengan mudah dilakukan melalui website maupun aplikasi PeduliLindungi.


Sementara itu, bagi kelompok prioritas yang belum mendapatkan tiket dan jadwal vaksinasi, bisa langsung datang ke fasilitas kesehatan atau tempat vaksinasi terdekat dengan membawa: KTP, surat bukti vaksinasi dosis 1 dan 2. (Tip/dtk.)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!