Breaking News

Connect With us

March 23, 2022

Musrenbang Kabupaten Sarolangun Rampung, Bupati Cek Endra : Sarolangun Punya Program Percepatan Pembangunan Desa

                                                                23 Maret 2022


FS.Sarolangun(JAMBI)-Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sarolangun tahun 2023 berlangsung dengan sukses, Rabu (23/03/2022) di ruang pola Kantor Bupati Sarolangun.


Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra yang berlangsung dengan sukses.


Tampak hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Sarolangun H Hillalatil Badri, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, beserta anggota, Direktorat perhutanan sosial dan kementrian lingkungan hidup Catur Endah Prasetiyani, P.si, MT,  Dirjen Bina Pemerintah Daerah Kemendagri Evin Mei anipian, SE, Kepala Bappeda Provinsi Jambi diwakili Kabid Perencanaan  Nurjannah, ST, S.ST, MT.


Selain itu hadir pula Asisten dan staf Ahli Bupati Sarolangun, Kepala Bappeda Sarolangun H Muhammad, S.Ag serta Para kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun, Unsur Forkompinda Kabupaten Sarolangun, Para camat se-kabupaten Sarolangun, pata delegasi kecamatan serta Para tokoh masyarakat, LSM, OKP dan Ormas di Kabupaten Sarolangun.


Dalam laporannya, Kepala Bappeda Sarolangun H Muhammad mengatakan bahwa kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Sarolangun didasari atas Undang-undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional Dan Permendagri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara pelaksanaan dan pengendalian pembangunan daerah. 


"Dalam kegiatan ini mendatangkan tiga Nara sumber yang akan memaparkan prioritas pembangunan nasional dan provinsi," katanya.


Melalui Musrenbang ini, kata Muhammad memiliki tujuan untuk membahas rancangan RKPD 2023, sebagai wahana antara pihak-pihak yang langsung atau tidak langsung serta mendapatkan dampak dari perencanaan pembangunan daerah, sebagai perwujudan pendekatan partisipatif perencanaan pembangunan daerah.


"Dimana sebelumnya telah kita lakukan rangkaian tahapan perencanaan pembangunan, dari Musrenbang desa dan kelurahan, musrenbanga kecamatan, forum konsultasi publik, forum Gabungan OPD hingga hari ini sebagai puncak perencanaan pembangunan daerah," katanya.



"Rangkaian proses penyusunan RKPD sampailah kepada puncaknya pada hari dengan segala kealpaan dan masukan dari semua stake holder sudah kita minta," kata dia menambahkan.


Sementara itu, Bupati Sarolangun Cek Endra menyambut baik pelaksanaan Musrenbang RKPD yang merupakan terakhir kalinya dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022. Tentunya dengan pelaksanaan ini nantinya dapat merumuskan penyusunan perencanaan pembangunan yang selaras dengan RPJMD Provinsi Jambi dan Pemerintah Pusat.


"Kami bersyukur bahwa pertumbuhan ekonomi di provinsi Jambi, kabupaten Sarolangun tertinggi. Sarolangun juga memiliki hasil tambang yang banyak yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat. Pusat pengembangan ekonomi kita, Perencanaan kita sudah bagus tapi yang kurang itu keuangan daerah kita. Sehingga aspirasi dan usulan dari masyarakat telambat realisasinya," katanya.


Cek Endra juga berharap nantinya melalui musrenbang ini dapat merumuskan perencanaan pembangunan daerah dalam mengatasi permasalahan yang terjadi di kabupaten Sarolangun, khususnya persoalan illegal driling di kecamatan Pauh dan persoalan aktivitas penambangan emas tanpa izin. 


"Bagaimana ada solusi dari potensi ini yang diatur secara perda atau aturan yang lebih tinggi bagaimana masyarakat menikmati hasil bumi dengan cara legal. Berkaitan dengan kehadiran dirjen perhutanan sosial KLHK bahwa Sarolangun aktif sekali mendorng program klhk baik dalam menyelesaikan konflik lahan," katanya.


"Ada juga pengembangan kawasan suku anak dalam, mudah-mudahan kehadiran ibu bisa mencerahkan kita semua yang bisa kita masukan dalam RKPD kabupaten Sarolangun," kata dia menambahkan.


Cek Endra juga menekankan agar pemerintah Kabupaten Sarolangun tetap fokus dalam peningkatan ekonomi kerakyatan sebagaimana program pemerintah pusat di tengah masa pandemi virus Corona.


Di Sarolangun sudah ada program Percepatan Pembangunan desa dan Kelurahan (P2DK) yang memiliki tujuan untuk peningkatan ekonomi desa.


Dalam kegiatan tersebut juga Bupati Sarolangun Cek Endra memberikan piagam penghargaan perencanaan pembangunan terbaik bagi jajaran OPD Kabupaten Sarolangun pada kategori badan, dinas dan kecamatan dan penyelengara musrenbang terbaik, Pemberian cindera mata kepada para narasumber serta Penandatangan berita acara kesepakatan Musrenbang RKPD Kabupaten Sarolangun tahun 2023.(iksan)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!