Breaking News

Connect With us

April 18, 2022

Datuak Irwan Basir Resmikan Posko Penanggulangan Kenakalan Remaja di Kuranji


FS.Padang(SUMBAR)-
Tokoh Masyarakat Kuranji Irwan Basir Dt. Rajo Alam, SH.MM Resmikan Pemakaian Posko Satgas Penanggulangan Bencana Sosial Kenakalan Remaja Di Kelurahan Kuranji Kecamatan Kuranji Kota Padang.


Maraknya kenakalan remaja yang sering terjadi akhir-akhir ini berupa tawuran mulai meresahkan masyarakat. Dari beberapa peristiwa yang sudah terjadi, tawuran remaja sudah mulai  menimbulkan jatuhnya korban. Apalagi peristiwa ini terjadi di bulan suci Ramadhan. Dan ini sangat memiriskan.


Hal ini terungkap dari hasil pertemuan kalangan tokoh masyarakat dengan Camat Kuranji dan Kapolsek Kuranji serta ninik mamak ketua KAN Pauh IX.


Kapolsek Kuranji AKP Nasirwan mengucapkan terima kasih kepada para ninik mamak,tokoh masyarakat dan pemuda yang telah ikut membantu pihak aparat dalam menangani kasus kenalakalan remaja ini.


" Atas nama aparat keamanan, kami sangat berterima kasih kepada tokoh masyarakat dan ninik mamak yang turut memikirkan dan mencarikan solusi permasalahan kenakalan remaja yang cukup meresahkan masyarakat kita. Ini dibuktikan dengan didirikannya posko satgas penanggulangan kenakalan remaja. Kita berharap satgas yang terbentuk ini akan bekerja sama dengan pihak aparat dan pemerintah dalam mengatasi berbagai permasalahan sosial yang terjadi dalam masyarakat kita ", ujar Kapolsek pada acara launching pemakaian posko penanggulangan bencana sosial di kelurahan Kuranji pada minggu 17/04/2022 di Belimbing Kuranji.


Senada dengan Kapolsek Kuranji, Camat Kuranji Eka Putra Buhari juga merasa bersyukur dengan didirikannya Posko satgas ini. Berdirinya posko satgas ini tak terlepas dari peran tokoh masyarakat yang mendukung pemberantasan dan pencegahan kenakalan remaja yang menjadi program pemerintah kecamatan bersama aparat kepolisian untuk menciptakan kecamatan kuranji yang aman dan bebas tawuran.


" Posko ini nantinya bukan hanya dijadikan sebagai pos pencegahan tawuran remaja saja, tapi sebagai pos penanganan segala penyakit sosial di masyarakat, seperti narkoba, mabuk-mabukan atau perjudian. Saya mohon kerjasama dari satgas dan juga dukungan dari ninik mamak dan para tokoh masyarakat untuk bersama-sama mencegah dan memberantas segala bentuk permasalahann sosial agar tercipta suasana aman di Kecamatan Kuranji ini ", ucap Camat Eka di depan   di depan tokoh masyarakat Irwan Basir dan ketua KAN Pauh IX Suardi Dt. Rajo Bujang dan tokoh masyarakat lainnya.


Irwan Basir selaku tokoh masyarakat di kecamatan Kuranji juga menjelaskan bahwa masalah kenakalan remaja yang marak terjadi adalah salah satu bentuk bencana sosial yang ada di tengah masyarakat. 


Mereka para remaja itu sedang mencari jati dirinya untuk perkembangan jiwa ke depan, namun  jalan yang ditempuhnya lah yang salah. Kewajiban kita lah untuk meluruskan mereka agar kembali kejalan yang benar.


" Pada prinsipnya kenakalan remaja itu terjadi karena mereka sedang mencari jati diri mereka. Terkadang jalannya yang keliru. Sebenarnya hal ini bisa dicegah semenjak dini sebelum berkembang seperti sekarang dengan perbuatan-perbuatan yang menganggu ketentraman warga ", ujar  Ketua DPD LPM Kota Padang ini.


" Jika semua kepala keluarga atau orang tua mengawasi anak-anak nya, saya yakin tawuran remaja ini takkan pernah ada. Jadi pencegahannya dimulai dari keluarga dulu " sambung Irwan Basir lagi.


Lebih lanjut Irwan Basir mengatakan, bencana sosial ini bukan saja menjadi tanggung jawab pemerintah saja atau aparat kepolisian saja, tapi adalah tanggung jawab kita semua. 


Apalagi di kecamatan Kuranji dengan jumlah penduduk yang banyak tentu akan mudah terjadi konflik masyarakat, apalagi mereka berasal dari latar belakang berbeda. Konflik ditengah  masyarakat ini juga salah satu bencana sosial dan harus segera diatasi 


Untuk itu diperlukan kolaborasi ditingkat pengambil kebijakan di kecamatan Kuranji agar saciok bak ayam sadanciang bak basi dalam menyikapi permaslahan sosial yang terjadi. 


"Bapak Camat, Kapolsek, Bapak Lurah, ninik mamak, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda sudah bersatu dan membulatkan tekad untuk menangani permasalahan sosial ini, seperti narkoba, minuman keras, tawuran remaja dan secara bersama-sama akan memberantasnya. Tak ada yang tidak bisa diatasi jika semua elemen bersatu ", ungkap ketua DPD LPM Kota Padang ini.


Diakhir sambutannya Irwan Basir melaunching secara resmi pemakaian Posko Satgas Penanggulangan Bencana Sosial dalam mencegah dan memberantas penyakit sosial masyarakat di kelurahan Kuranji dan Kecamatan Kuranji secara keseluruhannya.


Acara yang didahului dengan buka puasa bersama itu dihadiri oleh banyak tokoh masyarakat    dan tokoh pemuda yang siap mendukung pemerintah kecamatan dan kepolisian untuk bersama-sama menciptakan kecmatan Kuranji yang aman dan tentram.(dd)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!