Breaking News

April 14, 2022

Wawako Pariaman Ikuti Roving Seminar KI bersama Kemenkumham


FS.Pariaman(SUMBAR)-
Secara virtual, Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin, didampingi Kabag Hukum Indra Syamsu, mengikuti acara Roving Seminar Kekayaan Intelektual (KI) Sumatera Utara, dengan tema “Memacu Kreativitas dan Inovasi Untuk Pemulihan Ekonomi Nasional” pada Rabu (13/04).


Kegiatan ini dilaksanakan oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Republik Indonesia (RI), yang rencananya akan diadakan di tujuh provinsi, yaitu Sumatera Utara, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Sulawesi Selatan dan Jawa Barat.


Untuk Roving Seminar KI pertama diadakan di Sumatera Utara selama dua hari, yang dimulai pada tanggal 13-14 April 2022, bertempat di Hotel JW Marriot Medan. Acara KI ini dibuka secara resmi oleh Yasonna H. Laoly Menteri Hukum dan HAM RI, dengan melakukan pemukulan alat musik tradisional khas Sumut.


Roving Seminar Menkumham adalah salah satu program unggulan DJKI 2022 dari 16 Program unggulan Tahun 2022, di bawah kepemimpinan Plt. Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Razilu, untuk meningkatkan kesadaran para pimpinan daerah tentang pentingnya perlindungan kekayaan intelektual.


Menurut Razilu, kegiatan ini dilaksanakan karena adanya urgensi untuk meningkatkan perlindungan dan pemanfaatan kekayaan intelektual di Daerah. Urgensi tersebut terlihat karena adanya kesenjangan jumlah pemohon kekayaan intelektual yang signifikan antar wilayah.


“Salah satu penyebab terjadinya kesenjangan ini adalah karena masih minimnya kesempatan Kemenkumham untuk berkomunikasi secara langsung dengan para kepala daerah dan pimpinan perguruan tinggi, guna membahas pentingnya kehadirian KI bagi perkembangan ekonomi daerah, yang tentunya akan berdampak pada sektor usaha perkembangan ekonomi daerah, baik pada sektor usaha, ekonomi kreatif, maupun pendidikan”, ungkap Razilu.


Sementara itu Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin mengatakan saat diwawancarai bahwa kegiatan seperti ini sangat bagus sekali dilaksanakan, karena Roving Seminar KI ini bisa meningkatkan pemahaman dari kepala daerah dan pimpinan perguruan tinggi, untuk memanfaatkan sistem KI dalam mendorong percepatan pembangunan ekonomi wilayah.


“Saya berharap kegiatan ini bisa menjadi pembuka komunikasi antara kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah dalam hal pemanfaatan sistem KI di wilayah masing-masing”, tutup Mardison Mahyuddin.


Acara diikuti oleh 300 orang peserta secara luring, dan 1000 orang peserta secara daring. Peserta terdiri dari DPRD Sumut, para Gubernur, Bupati/Walikota, Rektor, Dekan, Dinas Terkait, Kanwil Kemenkumham, UKM, Guru dan Siswa di wilayah Sumut.


Roving Seminar di Medan dihadiri empat Menteri Kabinet Indonesia Maju, yaitu Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H Laoly, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian. (wrm)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!