Breaking News

July 4, 2022

Hadiri Wisuda ke-127 UNP, Gubernur Pesan Berikan yang Terbaik untuk Bangsa

                                                                         04 Juli 2022

FS.Padang(SUMBAR)-Menghadiri Wisuda ke 127 periode Juli 2022 Universitas Negeri Padang (UNP),  Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi, mengajak 1.254 lulusan dari berbagai jenjang pendidikan dan keilmuan, untuk mengambil peran pengabdian terbaiknya bagi kemajuan negeri.


"Dengan gelar yang telah disandang saat ini, selayaknya saudara dapat berkontribusi aktif dalam mengembangkan ilmunya, tidak saja bagi kemajuan daerah, tapi juga nasional, bahkan internasional," kata gubernur, saat menyampaikan sambutannya di Auditorium UNP, Jl. Air Tawar Padang, Minggu (3/7).


Gubernur juga mengingatkan para lulusan untuk siap dengan perubahan kemajuan zaman digitalisasi dan globalisasi saat ini.


"Tidak ada lagi istilah 'gaptek' menjadi alasan. Saatnya sekarang berikan kerja terbaik, karya terbaik dan pengabdian terbaik sehingga meningkatkan nilai manfaat kehadiran kita bagi orang lain, dimanapun bekerja atau berusaha. Jangan lihat besar atau kecilnya peran, tapi keikhlasan yang utama memberi manfaat pada negeri," tutur gubernur.


Ditengah kompetisi yang semakin tajam, gubernur mengajak lulusan untuk senantiasa memperbaiki dan meningkatkan kemampuan diri menjadi lebih baik, serta mengutamakan profesionalitas dan integritas.


Rektor UNP, Prof. Ganefri, dalam pidatonya berjudul 'Kontribusi Lembaga Pendidikan Untuk Ketahanan Nasional Menyambut Indonesia Emas 2045' mengajak lulusan untuk terus berkarya dan mengamalkan ilmu bagi bangsa dan negara.


Dijelaskan Ganefri, perguruan tinggi memiliki berperan penting menciptakan generasi emas, dengan pendidikan sebagai modal utama. Dengan modal itu, wisudawan sebagai generasi muda intelektual diajak harus mampu memanfaatkan segala unsur dan potensi yang ada untuk turut mewujudkan ketahanan bangsa. 


Dalam kesempatan yang sama, Ganefri juga menyampaikan capaian kinerja sekaligus prestasi yang telah diraih UNP pada semester pertama 2022 , diantaranya berhasil meraih predikat Akreditasi Unggul dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).


Selanjutnya prestasi dalam bidang akademik dan kemahasiswaan, lima mahasiswa UNP berhasil lulus mengikuti program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022, dan saat ini sedang menjalani proses kuliah di Palacky University of Olomouc, Republik Ceko, University Sains Malaysia, University Teknologi Malaysia serta Universiti Brunei Darussalam.


"Disamping itu, Laboratorium Terpadu UNP berhasil mendapatkan Akreditasi ISO/IEC 17025:2017 melalui Komite Akreditasi Nasional (KAN) dengan metode pengujian internasional, sehingga capaian ini turut andil dalam menyonsong UNP sebagai world class university," ungkap Ganefri.


Wisuda ke-3 dalam tahun tahun 2022 yang diselenggarakan secara luring dan daring, ini juga menghadirkan Dr. Ir. Hasto Kristiyanto, politikus yang menjabat Sekjen PDI Perjuangan. Hasto menyampaikan orasi ilmiah bertajuk 'Geopolitik Soekarno untuk Ketahanan Nasional.' 


Hasto menyebut, Sumbar merupakan gudang intelektual, bahkan melahirkan jumlah pahlawan nasional terbanyak di republik ini. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya perguruan tinggi mengajarkan jiwa kepemimpinan pendiri bangsa yang banyak berasal dari Minangkabau.


Wisudawan sebamyak 1.254 orang, terdiri dari 63 orang lulusan diploma, 705 orang sarjana dan D4 Kependidikan, 365 orang non kependidikan, 113 orang magister dan 9 orang doktor.(doa/MMC)


(Dinas Kominfotik Sumbar)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!