Breaking News

Connect With us

August 1, 2022

Tim Pengabmas UNP Berikan Pelatihan Mengolah Limbah Organik di Nagari Sunur Padang Pariaman


FS.Padang Pariaman(SUMBAR)-
Tim Pengabmas (Pengabdian Masyarakat) Universitas Negeri Padang (UNP) yang diketuai oleh Dr. Hanif Alkadri, M.Pd, melakukan kegiatan Pengabdian kepada masyarakat dengan kelompok PKK Kenagarian Sunur Kecamatan Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman yang digelar pada hari Sabtu, (30/7) di Sekretariat Dasa Wisma Korong Kabun Nagari Sunur.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Dr. Hanif Alkadri, M. Pd mewakili Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) dan dihadiri oleh Wali Nagari Sunur yang dalam hal ini diwakili oleh Wali Korong Kabun Nagari Sunur Mansardin serta Ketua KAN Nagari Sunur Yahya Sastra.

Dalam sambutannya Dr. Hanif Alkadri mengatakan, kegiatan tersebut diisi dengan pelatihan membuat kerajinan dengan memanfaatkan limbah organik untuk meningkatkan kewirausahaan kelompok
PKK.

"Ini dipilih pelaksanaannya di Nagari Sunur dikarenakan eksistensi kelompok PKK yang
sering aktif dalam berbagai even perlombaan tingkat lokal mapun nasional. Out-put dari
pelatihan ini nantinya akan menjadikan ibu-ibu PKK terampil dalam memanfaatkan “limbah
menjadi rupiah” yang tentunya juga akan berdampak positif terhadap pendapatan rumah
tangga," ujar Hanif.

Kedepan diharapkan, lanjut Hanif, kerjasama Nagari Sunur dengan Universitas Negeri Padang agar dapat lebih ditingkatkan menjadi Nagari Binaan agar bentuk program pembinaan dan pengembangan lebih luas cakupan dan lebih optimal lagi dalam pelaksanaannya. 

Dalam kegiatan pelatihan ini sengaja dihadirkan mitra/tenan dari pelaku UMKM Rita Yunelda yang berasal dari Payakumbuh yang sudah perpengalaman dalam melakukan pelatihan dan bimbingan teknis di berbagai kabupaten/kota di Sumatera Barat. 

"Untuk itu diharapkan kepada seluruh peserta agar serius dan tekun dalam mengikuti pelatihan," ungkap Hanif yang merupakan Dosen FIP UNP dan juga Founder dari Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) Sharie Penganten
Indah Padang.

Selanjutnya Wali Nagari Sunur menyampaikan apresiasi kepada tim Pengabmas UNP yang telah melaksanakan pengabdian di Kenagarian Sunur. 

Ia juga mengharapkan agar kegiatan ini tidak hanya dilakukan bersifat insedentil saja namun
harus dilakukan secara berkesinambungan dan dapat menyentuh seluruh aspek dan lini Nagari
Sunur. 

"Nagari siap untuk memfasilitasi untuk dijadikan mitra atau nagari binaan dari
Universitas Negeri Padang," ujarnya.(dan/rls)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!