Breaking News

August 29, 2022

Punya Daya Tarik Wisata, Gubernur Sumbar : Lestarikan Pesta Rakyat Nagari Padang Sibusuak


FS.Sijunjung(SUMBAR)-
Pesta Rakyat di Jorong Kapalo Koto, Nagari Padang Sibusuak, Kecamatan Kupitan, Kabupaten Sijunjung, Minggu (28/8/2022) mendapat apresiasi dari Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Buya Mahyeldi. Gubernur menyebut, kegiatan yang dihadiri tumpah ruah masyarakat salingka nagari tersebut sebagai pesta rakyat dengan permainan anak nagari paling ramai di Sumbar.


Gubernur menginginkan agar kegiatan yang menghadirkan berbagai permainan tradisional dan budaya Minangkabau tersebut terus dipelihara dan bisa menjadi daya tarik kunjungan wisata.


"Permainan anak nagari seperti inilah wisata yang digemari wisatawan saat ini. Bermain di sawah, ikut menanam jagung atau padi, dan sebagainya. Tradisi ini harus terus dijaga dalam kerangka melestarikan budaya kita," kata gubernur.


Lebih lanjut gubernur menyampaikan dampak positif pelestarian perhelatan nagari apalagi jika dijadikan agenda tetap nagari. Tidak hanya pada saat lebaran tapi juga pada momen-momen lainnya, akan menjadikan nagari selalu ramai dan menumbuhkan ekonomi masyarakat di nagari.


Turut hadir dalam pesta rakyat tersebut Asisten Administrasi Umum Andri Yulika, Kadis Sosial Arry Yuswandi, Kadis Kebudayaan Syaifullah, Kadisnakertrans Nizam Ul Muluk, Kadis Pariwisata Luhur Budianda dan Kabiro Adpim Maifrizon.


Pesta rakyat yang berlangsung hingga petang ini dimulai dengan makan bersama, randai, dan dilanjutkan berbagai permainan anak nagari di sawah. Gubernur bersama pejabat dan tokoh masyarakat setempat juga ikut berlomba 'manompi boreh.' 


Dalam kesempatan ini, Walinagari Padang Sibusuk Aprizal menyampaikan apresiasi atas kehadiran gubernur beserta rombomgan. Aprizal mengatalan pesta rakyat ini digelar sebagai ajang memperkuat silaturahmi antara masyarakat di nagari dengan perantau.


Aprizal juga menyampaikan kepada gubernur agar bisa menormalisasi aliran Sungai Batang Lasi yang kerap meluap dan menyebabkan padi dan jagung masyarakat gagal panen.


"Kami juga mohon perhatian pak gubernur atas tingginya kasus PMK pada ternak sapi. Khususnya untuk vaksinasi kami harapkan ada bantuan dari pemerintah," harap Aprizal.


Menanggapi permohonan Walinagari Padang Sibusuk, gubernur menyebut akan menindaklanjuti segera melalui OPD maupun instansi vertikal terkait. (doa/MMC)


(Dinas Kominfotik Sumbar)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!