Breaking News

Connect With us

August 30, 2022

Wakili Bupati, Sekda Pessel Hadiri Acara Ulang Tahun Pertama ISMM

                                                           29 Agustus 2022

FS.Pessel(SUMBAR)-Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rusma Yul Anwar diwakili Sekda, Mawardi Roska menghadiri acara ulang tahun pertama, Ikatan Suku Malayu Minang (ISMM), sekaligus pengukuhan pengurus perkumpulan Suku Malayu Minang, Sumatera Barat dan perwakilan perantau di Gedung Painan Convention Center (PCC), daerah setempat, Minggu (28/8).


Dalam kegiatan itu, dihadiri juga langsung oleh Ketua Umum Perkumpulan Suku Melayu Minang (PSMM), Nazaruddin, Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah diwakili Sekretaris Dinas Kebudayaan Sumbar ,Yayat Wahyudi, dan anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat Imral Adenansi.


Kemudian dihadiri Ikatan Suku Melayu Minang dari Kabupaten Damasraya, Solok, Solok selatan, Bukit tinggi, Payakumbuh, Lubuk Basuang, Sijunjung, Batu Sangkar, Padang, Agam,Jambi, Batam, Malaysia, Muaro Bungo, Padang Panjang, Kabupaten Pesisir Selatan dan lainya.


Dalam sambutan Bupati yang diwakiki Sekda Mawardi Roska mengucapkan terimakasih kepada Ikatan ISMM yang telah memilih daerah setempat dalam kegiatan tersebut.


Disamping itu tidak Bupati dapat menghadirinya karena saat ini kurang enak badan.


"Sekarang sekda saja yang mewakili. Sekda kan orang Melayu dan saya anak pisang orang Melayu,"sloroh Mawardi menirukan ucapan dari Bupati Rusma Yul Anwar.


Menurut Mawardi, yang jugu Suku Melayu yang bagala (di beri gelar) Rajo Alam dari kaumnya mengatakan bahwa perkumpulan ISMM tersebut tidak ada yang kurang. Namun dirinya sebagai Suku Melayu meminta untuk membangun silaturahmi dan silaturahim. Kenapa demikian karena Silaturahmi itu nilai satu dan Silaturahim nilainya lebih dari satu.


Disamping itu, ia mengharapkan kepada Suku Melayu agar jangan sampai tergadai, dalam artian bila ada acara di kaum itu dengan meminta bantuan kepada orang tertentu sehingga mengakibatkan murah harga diri sebagai Suku Melayu, apalagi hal ini mengingat pada tahun 2024 mendatang adalah tahun politik.


"Sebab kalau tergadai murah harga diri kita. Ini harapan saya sebagai kemenakan Suku Melayu,"harapnya.


Sementara, Ketua Umum Perkumpulan Suku Melayu Minang (PSMM), Provinsi Sumatera Barat, Nazaruddin S. Dt. Rajo Nan Gadang menegaskan melarang dengan tidak memperbolehkan untuk memposting masalah politik bagi para Ninik Mamak, Bundo Kanduang dan kemenakan yang tergabung dalam group WhatsApp Ikatan Suku Melayu Minang (ISMM) tersebut.


Hal itu diungkapkanya, saat menghadiri hari ulang tahun pertama, Ikatan Suku Malayu Minang (ISMM), Sumbar sekaligus pengukuhan pengurus perkumpulan Suku Malayu Minang, Sumatera Barat dan perwakilan perantau.


"Ini yang saya tegaskan di group WhatsApp ISMM, ini agar tidak memperbolehkan memposting masalah politik. Jadi bukannya saya anti politik,"ujar Nazaruddin.


Nazaruddin menyebut sebenarnya kegiatan ulang tahun ISMM itu digelar pada tanggal 18 Agustus 2022, namun karena pemerintah setempat ada kegiatan HUT RI dan pelaksanaanya pun ditunda sehingga dilaksanakan hari ini.


Group ISMM itu dibuat pada tanggal 18 Agustus 2021, dan saat ini telah tergabung dalam group lebih kurang 3000 orang Suku Melayu.


Dikatakannya, bahwa Ikatan Suku Melayu Minang tersebut mempunyai Visi dan Misi nya adalah mencari dan mengumpulkan dunsanak - dunsanak yang jauh atau diperantauan dalam rangka menjalin silaturahmi dan silaturahim sesama Suku Melayu.


Maka dari itu, lanjut Nazaruddin, group ISMM ini dibuat berbeda dengan group - group yang lainya karena telah ada aturan bakunya. Seperti tidak boleh memposting masalah politik, tidak boleh membicarakan masalah pemerintahan dan tidak boleh membuat yang tidak bermanfaat bagi dunsanak (Suku Melayu).

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!