Breaking News

October 22, 2022

Ditandai Ayunan Bendera dari Bupati Eka Putra, Alek Pacu Jawi Nagari Pariangan Resmi Dimulai




FS. Tanah Datar, (SUMBAR) - Ayunan bendera dari Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM menandai telah dimulainya Alek Nagari  Pacu Jawi, di Sawah Liek, Jorong Padang Panjang,  Nagari Pariangan, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar,. Sabtu (22/10/ 2022). 


Ada pun jadwal pelaksanaan Alek Nagari itu selama 4 minggu, yaitu di setiap hari Sabtu dari tanggal 22 Oktober, 29 Oktober, 5 November dan 12 November 2022. 


Bupati Eka mengatakan, Pacu Jawi digelar untuk memperkenalkan lebih jauh adat budaya, sarana untuk menyalurkan hobi, dan wadah terjalinnya tali silaturahmi antar sesama masyarakat. 


Lebih dari itu, Bupati Eka mengatakan Pacu Jawi berkontribusi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat secara umum. Dengan kata lain, penyelenggaraan Pacu Jawi mampu memberikan multiplier effect. 


"Pacu Jawi mengandung banyak makna. Maka dari itu, mari bersama untuk melestarikannya, sehingga lebih banyak lagi menarik wisatawan mancanegara maupun domestik," ujar Bupati Eka. 


Dikesempatan yang sama, Ketua Porwi Tanah Datar Aristo Dt. Indomo mengatakan Pacu Jawi terlaksana di empat kecamatan yakni kecamatan Pariangan, kecamatan Sungai Tarab, kecamatan Lima Kaum dan kecamatan Rambatan. 


Ia pun mengatakan selama penyelenggaraan Pacu Jawi tidak dibolehkan adanya unsur perjudian. Karena, Pacu Jawi dilaksanakan hanya untuk perayaan pasca panen, sebagai ajang penyaluran hobi, silaturahmi dan lainnya. 


"Penyelenggaraan Pacu Jawi sudah lama sekali ada di Tanah Datar, seiring waktu berjalan. Alek nagari ini, terus dikembangkan. Dan tidak ada unsur perjudian disini, karena ninik mamak sangat mengecamnya," ujar Aristo Dt. Indomo. 


Turut hadir pada saat itu, Bupati Tanah Datar Periode 2005-2015 M. Shadiq Pasadigoe, Camat Pariangan Yatriwel, Wali Nagari Pariangan Edison, Ninik Mamak, Tokoh masyaralat dan tamu undangan lainnya. (ML)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!