Breaking News

October 8, 2022

Pemerintah Tanah Datar Apresiasi Event "Andaleh Bungo Expo"



FS. Tanah Datar, (SUMBAR) - Pemerintah Kabupaten Tanah Datar mengucapkan selamat dan apresiasi setingi-tingginga kepada panitia dan masyarakat Nagari Andaleh, Kecamatan Batipuh yang telah berhasil mengangkat dan menggali kearifan anak Nagari dalam event Andaleh Bungo Ekspo.


"Walaupun event ini tidak termasuk dalam satu Nagari satu event tatapi Nagari Andaleh tetap menggelar event ini dengan sangat maksimal," hal itu disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesra, Elizar yang mewakili Bupati Tanah Datar saat membuka secara resmi Andaleh Bungo Expo di Nagari Andaleh, Sabtu (08/10).


Turut hadir Anggota DPRD Tanah Datar Nova Hendria, Kepala OPD Tanah Datar, Forkopimda, Camat Batipuh beserta Forkopimca, Wali Nagari se Kecamatan Batipuh, KAN, dan tokoh masyarakat lainnya.


Elizar mengharapkan, sukses pelaksananaan event tersebut juga diikuti dengan kesejahteraan masyarakat dalam bentuk suksesnya jual beli, perputaran uang selama pelaksanaan acara dan Nagari Andaleh menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi.


Karena sektor pariwisata kata Elizar, merupakan salah satu program unggulan di Tanah Datar yang disebut dengan satu nagari satu event yang maksudnya adalah setiap Nagari di Tanah Datar mempunyai event wisata yang mempunyai nilai tinggi dan diminati wisatawan. 


Melalui satu nagari satu event di nagari juga akan memacu akhirnya sanggar di nagari, olahraga, UMKM hingga terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat. 


"Diharapkan pada 2023 nanti Andaleh Nagari Bungo bisa masuk kedalam satu Nagari satu event wisata di Tanah Datar," jelasnya.


Elizar juga mengapresiasi anak nagari yang juga anggota DPRD Tanah Datar Nova Hendria yang telah mensukseskan acara Andaleh Bungo Expo melalui dana Pokok Pikiran (pokir), sehingga Nagari Andaleh telah memiliki DID dan pengembangan wisatanya.


Sementara itu Anggota DPRD Tanah Datar Nova Hendria mengatakan atas nama masyarakat Nagari Andaleh mengucapkan Terima kasih atas kedatangan Bupati dan seluruh undangan atas ke hadirannya di Nagari Andaleh. 


Nova Hendria menceritakan, lahirnya ide Andaleh Expo berawal kaeran kearifan lokal anak nagari yang berjalan bunga, bahkan bunga itu dijual sampai ke Aceh dan Lampung.


Karena potensi yang dimiliki tersebut, kemudian mindset tersebut dirubah, dari awalnya memasarkan ke luar daerah menarik orang tersebut untuk datang ke Nagari Andaleh.


"Namun berkat dukungan dari Dinas Pertanian waktu itu, di Nagari Andaleh dibuatlah taman-taman bunga dan itu berhasil menarik orang datang berkunjung ke Andaleh ini," katanya.


Nova juga mengatakan berbagai macam tanaman hias khususnya bunga di dataran tinggi ada di Nagari Andaleh.


Ia berharap, dengan adanya wadah Andaleh Bungo Ekspo agar tidak ada lagi anak muda di Nagari Andaleh untuk malu berjualan bunga.


"Jangan malu lagi berjualan bunga, mari kita mencoba memahami potensi lokal, kita tidak malu lagi karena ini bisa mendatangkan uang," harapnya.


Sebelumnya Ketua Panitia Andaleh Bungo Ekspo Angku Ladang menyampaikan, adapun dasar pelaksanaan Andaleh Bungo Ekspo didasari dengan telah ditetapkannya Nagari Andaleh tentang agrowisata oleh gubernur dan bupati Tanah Datar


Andaleh Bungo Ekspo akan dilakukan selama dua hari Sabtu-Minggu (8-9/10) dengan bermacam kegiatan, diantaranya pameran bungo, kerajinan dan UMKM, kuliner, dan olahraga. 


"Dan tidak kalah seru adalah gowes jelajah alam Nagari Andaleh yang diikuti ratusan peserta dari Aceh, Bengkulu, Riau, Jambi, dan Sumbar," katanya.(ML)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!