Breaking News

November 22, 2022

Bupati Pessel Terima Bantuan Rp 350 juta dari BNPB

                                                 21 November 2022

FS.Pessel(SUMBAR)-Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rusma Yul Anwar menerima langsung bantuan sebanyak 350 juta dari Badan penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) RI di rumah dinas Bupati Pesisir Selatan. Senin (21/11).


Badan Penanggulangan Bencana Nasional menyerahkan bantuan Dana Logistik Rp. 100 juta rupiah dan Dana Siap Pakai Rp. 250 juta rupiah kepada Pemerintah Daerah Pesisir Selatan

Turut hadir, Kepala Seksi Logistik BPBD Sumbar, Rumainur, Sekda Pessel Mawardi Roska dan Kepala BPBD Pessel Doni Gusrizal. 

Dalam Pemaparannya, Kepala BPBD Pessel Doni Gusrizal mengatakan, hujan lebat selama empat hari dari tanggal 14 -18 November 2022 kemarin, memberikan dampak ke 10 Kecamatan, dari 15 Kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan dimana terdampak banjir, tanah longsor dan kerusakan infrastruktur lainya. Seperti jembatan gantung. 

Ia melanjutkan, kondisi 19 sungai besar di Pesisir Selatan sangat perlu segera dilakukan normalisasi. Seperti Sungai Batang Lumpo Bayang, Sungai Batang Tuik Kecamatan Koto XI Tarusan dan Sungai Batang Hitam, Kecamatan Silaut. Serta, perbaikan jalan Nasional ( peninggian) di Kecamatan Koto XI Tarusan. 

"Dari hasil koordinasi dilakukan oleh Pemkab Pessel bersama Istansi terkait, maka ditetapkan kondisi bencana alam banjir di Pessel dengan , Bencana Alam Tanggap Darurat selama 14 Hari, " tegas Kepala BPBD Pessel. 

Bantuan logistik disalurkan oleh BNPB telah dilakukan peking, untuk nantinya distribusikan ke masyarakat terdampak banjir.  Ternasuk kesiapan siagaaan dengan pendirian tenda tanggal darurat di Kecamatan Koto XI Tarusan. 

Sementara itu, Kepala BNPB Pusat melalui Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat BNPB Dr. Rustian, S. Si,  dihadapan Bupati Pesisir Selatan menyampaikan kondisi prakiraan cuaca kemarau basah dimana puncaknya terjadi pada bulan Februari hingga April. 

Terkait penetapan tanggap darurat selama 14 Hari oleh Pemkab Pessel, melalui Dana siap pakai ada di BNPB dan Dana Logistik, Kepala BNPB Pusat menyalurkan bantuan total Rp. 350 juta rupiah. Meliputi bantuan Dana Logistik Rp. 100 juta rupiah dan Dana Siap Pakai Rp. 250 juta rupiah. 

"Kita berharap bantuan bisa segera disalurkan kepada masyarakat di Pessel, dimana terdampak banjir, " sampai Dr. Rustian, S. Si. 

Ia juga melanjutkan, menyelesaikan bencana alam terjadi di suatu wilayah tidak akan bisa diselesaikan oleh pemerintah daerah semata, namun koordinasi lintas sektoral, baik Kepolisian dan TNI harus terus dilakukan. Termasuk tetak mengaktifkan posko tanggal darurat, serta kesiapan siagaaan mitigasi bencana dan mitigasi bencana. 

Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar mengucapkan terima kasih atas kedatangan Kepala BNPB Pusat melalui Direktur Dukungan Sumber Daya Darurat BNPB Dr. Rustian, S. Si, ke Kabupaten Pesisir Selatan. 

Bupati juga mengatakan bantuan diserahkan oleh BNPB Pusat ke Pemkab Pessel sangat penting dan bermanfaat, untuk membantu masyarakat terdampak banjir di 10 Kecamatan di Kabupaten Pesisir Selatan. Ditengah keterbatasan anggaran yang ada di pemerintah daerah saat ini. 

"Kita pastikan bantuan ini segera kita salurkan pada masyarakat yang tedampak bencana banjir,"ujar Bupati Pessel. 

Bupati berharap Kedepan silahturahmi dan koordinasi akan terus kita lakukan dengan BNPB Pusat, untuk membahas beberapa hal penting lainya menyangkut kebencanaan. 

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!