Breaking News

December 11, 2022

Bawaslu Sumbar Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif


FS.Padang(SUMBAR)-
Masyarakat merupakan salah satu instrumen penting dalam sebuah  kesuksesan pemilu serentak 2024 mendatang, oleh karena itulah Badan Pengawas Pemiluhan Umum (Bawaslu) Sumatera Barat mengadakan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipasif dengan Stakeholder Tahun 2022 di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat, Minggu (11/12/2022), bertempat di Aula LKKS Belanti Padang.


Kegiatan sosialisasi pengawasan tersebut   dihadiri ratusan peserta dengan tema "Bersama Rakyat Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu" yang terdiri dari komunitas masyarakat dan media  seperti  Nurani Perempuan Sumbar, PW Aisyiyah Sumbar, Wanita Katolik Republik Indonesia, Sarinah GMNI Sumbar, Komunitas Masyarakat Padang Kota Tercinta (KOMPAK), Kohati Cabang Padang, serta dari Jaringan Pemred Sumbar (JPS) dan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Sumbar.


Saat membuka acara, anggota Bawaslu Sumbar, M. Khadafi menyebut saat ini Bawaslu gencar adakan sosialisasi karena ingin melibatkan masyarakat terlibat secara aktif dalam pengawasan pemilu 2024 sehingga meminalisir upaya pelanggaran yang tidak sejalan dengan regulasi.


"Saat ini pemilu demokratis kita sudah  menjadi contoh di banyak  negara, oleh karena itu kita harus terus meningkatkan fase pengawasan dari segala sisi untuk menjaga regulasi pemilu berjalan dengan baik." Ucap Khadafi


Narasumber Dosen Fakultas Hukum Universitas Indonesia Dr Wirdyaningsih menyebutkan bahwa lembaga Bawaslu sebagai pengawasan pemilu yang masuk ke wilayah masyarakat tidak bisa bekerja sendiri tanpa keterlibatan  masyarakat itu sendiri karena masyarakat  dan Bawaslu sama-sama memiliki peran vital dalam proses pelaksanaan pilkada seperti dua insan yang tak terpisahkan.


“Saya melihatnya, Bawaslu dan masyarakat ini merupakan satu kesatuan. Dimana ada Bawaslu, disitu ada masyarakat. Seperti dua insan yang tak terpisahkan dan masyarakat merupakan salah satu  power dalam pengawasan pemilu serentak di daerahnya masing masing ,” tutur Nunung--begitu biasa dia disapa yang juga mantan Anggota Bawaslu RI periode 2008-2012.(monsis)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!