Breaking News

January 26, 2023

Padang Ekspres Luncurkan Halaman "Rakyat Memilih", KPU dan Bawaslu Beri Apresiasi


FS.Padang(SUMBAR)-
Pada momentum memperingati hari ulang tahun (HUT) ke-24, Harian Padang Ekspres meluncurkan halaman khusus Rakyat Memilih, kemarin (25/1/2023). Ini bagian dari kontribusi koran dengan oplah dan pembaca terbesar di Sumbar ini  menyambut pesta demokrasi di Indonesia, yakni, Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.


Lewat halaman ini, Padang Ekspres diharapkan bisa menjadi media referensi dan ikut mewujudkan pemilu yang berkualitas.


“Halaman Rakyat Memilih ini adalah persiapan Padang Ekspres untuk menyambut pemilu mendatang. Dengan harapan, bisa memberikan banyak informasi akurat terkait pemilu kepada masyarakat khususnya di Sumbar,” ucap Pemimpin Redaksi Padang Ekspres Rommi Delfiano.


Senanda, Direktur Padang Ekspres Mhd Nazir Fahmi mengatakan, kehadiran rubrikasi yang sudah dimulai kemarin ini bisa dimanfaatkan oleh semua pihak. Termasuk Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), dan partai politik untuk menyampaikan informasi tentang kepemilikan.


“Rubrik ini akan berisi semua hal yang berhubungan dengan kegiatan KPU, Bawaslu, partai, termasuk kegiatan kampanye atau sosialisasi yang akan kita beritakan dengan seadil-adilnya sesuai kode etik jurnalistik dan UU Pers,” imbuh Nazir didampingi Wakil Direktur Padang Ekspres yang juga Ketua Pelaksana HUT Ke-24 Heri Sugiarto.


Menanggapi kehadiran halaman "Rakyat Memilih" ini, Ketua KPU Sumbar Yanuk Sri Mulyani berharap sekali Padang Ekspres bisa menjadi mitra dari KPU sebagai penyelenggara pemilu.


“Tentu harapannya, Padang Ekspres bisa menjadi garda terdepan untuk memberi edukasi dan informasi yang akurat kepada pembacanya. Bisa menjadi media yang meluruskan hoaks menjadi berita yang benar. Juga turut serta dalam menyosialisasikan tahapan pemilu nanti hingga ke lapisan terkecil masyarakat,” tuturnya.


Kemudian, Yanuk tak lupa mengucapkan selamat ulang tahun ke-24 kepada Padang Ekspres dengan harapan bisa tetap eksis ke depan. 


Pada acara syukuran HUT ke-24 Padang Ekspres dan peluncuran Halaman Rakyat Memilih ini, hadir Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumbar Basril Basyar, Kepala Kesbangpol Sumbar Jefrinal Arifin, perwakilan dari Kejati Sumbar Burhan, dan Kapolsek Kototangah AKP Afrino Chaniago.


Selain itu ada direktur, komisaris dan pemimpin redaksi di lingkungan Padang Ekspres Group; tokoh pers Sumbar Wiztian Yoetri, Kepala Unit Humas & Kesekretariatan PT Semen Padang Nur Anita Rahmawati, Pemimpin Divisi Sekper Bank Nagari Idrianis didampingi Kabag Humas Bank Nagari Affino Stephie; GM Mercure Hotel Padang Subhan, public relation Truntum Hotel Padang Indah Midya, Sekretaris Jaringan Pemred Sumbar (JPS) Zondra Volta dan bendahara Mona Sisca.


Pada kesempatan yang sama Koordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Sumbar Muhammad Khadafi mengungkapan kebanggaannya pada Padang Ekspres dengan menghadirkan rubrik yang dinanti-nanti semua kalangan saat ini menghadapi Pemilu 2024.


“Umur 24 tahun ini Padang Ekspres konsisten dalam memberitakan segala informasi termasuk tentang pemilu. Harapan saya, Padang Ekspres bisa membuat pemilu bisa berjalan dengan semestinya,” jelas dia.


Disampaikannya, Bawaslu dari tingkat provinsi hingga kabupaten/kota sangat mengapresiasi kehadiran rubrik ini. Semoga bisa menjadi literasi dalam pemilu, politik dan juga demokrasi.


“Dengan kolaborasi ini, semoga bisa menghadapi segala tantangan pemilu. Termasuk meminimalisir politik uang agar semua proses pemilu bisa sesuai regulasi yang ada,” katanya.


Sinergi media dengan KPU, Bawaslu dan semua stakeholder terkait itu, katanya adalah wajib. "Dengan begini, semoga Padang Ekspres bisa menjadi agen perubahan menuju lebih baik,” sambungnya.


Sementara itu, Kepala Kesbangpol Sumbar Jefrinal Arifin menyampaikan, rubrik ini berpotensi untuk menaikkan partisipasi pemilih pada pemilu mendatang.


“Pemilu lalu, partisipasi pemilih hanya 65-70 persen saja. Dengan kehadiran rubrik khusus ini, diharapkan bisa meningkatkan partisipasi pemilih lebih dari 70 persen, bahkan bisa hingga 100 persen,” tutur Jefrinal.


Peningkatan partisipasi ini katanya, karena bisa memberikan semangat masyarakat untuk berbondong-bondong ke TPS karena sudah mendapatkan informasi yang lengkap dan benar.


“Saya yakin pengaruhnya akan sangat luar biasa nanti untuk masyarakat apalagi dengan kerja sama KPU, Bawaslu dan semuanya untuk meningkatkan pemilu yang cerdas dan berkualitas,” tambahnya. (rel)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!