Breaking News

February 4, 2023

Mahasiswa FKIP UMSB Gelar Kemah Bhakti Mahasiswa di Puncak Nyalo


FS.Padang Panjang(SUMBAR)--
Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa (Hima) jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) mengikuti kegiatan kemah bhakti mahasiswa (KBM).

 

Bertempat di area camping ground Puncak Nyalo, Kelurahan Ganting, Kecamatan Padang Panjang Timur (PPT), kegiatan ini dibuka Dekan FKIP, Dr. Gusmaizal Syandri, M.Pd, Sabtu (4/1).


Ia berharap kegiatan ini mampu menciptakan iklim kampus yang kreatif. Sehingga setelah kegiatan ini para mahasiswa dapat melihat permasalahan masyarakat dan mampu melahirkan solusi untuk permasalahan tersebut.


"Jadikan kegiatan ini sebagai pembentukan pribadi yang kreatif, serta peka terhadap permasalahan masyarakat. Sehingga sebagai mahasiswa dapat menjawab tantangan yang dihadapi masyarakat sekitar kita," ungkapnya.


Dilanjutkannya sebagai mahasiswa Muhammadiyah, harus mampu menjadi kader-kader tangguh dalam mengimplementasikan nilai-nilai dakwah yang dipelajari untuk kemudian diterapkan di masyarakat.


Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari ini juga dihadiri Camat PPT, Drs. Asrul, Lurah Ganting, Januardi serta beberapa alumni dari FKIP.

 

Asrul menyampaikan, kegiatan ini penting dilaksanakan mahasiswa, sebab kolaborasi fakultas dengan masyarakat akan terbangun dengan baik.


"Perlu digerakkan kegiatan mahasiswa dengan masyarakat dengan rutin agar kolaborasi dari mahasiswa dengan masyarakat dapat berjalan sesuai dengan tujuan pendidikan kita. Menjalin silaturahmi antara sesama mahasiswa, alumni dan masyarakat," jelasnya.


Mengangkat tema "Belajar dari Masyarakat, Mengabdi kepada Masyarakat", acara ini diisi dengan aneka kegiatan yang berkolaborasi dengan masyarakat setempat. Di antaranya seminar kepemimpinan, praktek jurnalistik, kerja bakti di tempat-tempat ibadah dan pusat kegiatan masyarakat serta hiking.


Ilham Zanuari, selaku Ketua Hima berharap lewat kegiatan ini mahasiswa mampu menyerap setiap materi dan juga memberikan efek positif bagi pergerakan organisasi kampus yang ia pimpin.


Selain itu, kata dia, kegiatan ini juga menjadi pembelajaran bagi mereka sebagai calon guru, bagaimana berinteraksi dengan masyarakat. 


(Ernawati | Elin | Rilis | Cigus)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!