Breaking News

February 9, 2023

Pontren Mu’allimin Muhammadiyah Ujung Gading Kunjungi Kauman Padang Panjang


FS.Padang Panjang(SUMBAR)-
Sebagai role model pendidikan Muhammadiyah di Sumatera Barat, Pondok Pesantren (Pontren) Kauman Muhammadiyah Padang Panjang mendapat kunjungan dari Pontren Mu’allimin Muhammadiyah Ujung Gading, Kabupaten Pasaman Barat. 


Rombongan yang diketuai Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Ujung Gading, Ilham S.Ag  ini membawa serta 23 civitas akademika pontren tersebut, Kamis (9/2). Mereka diterima Mudir Pontren Kauman, Dr. Derliana, M.A beserta jajaran di ruang Hamka. 


"Kedatangan kita kali ini ingin melihat progres pendidikan di sini. Kami melihat begitu pesatnya kemajuan Kauman dalam mewujudkan khittah perjuangan Muhammadiyah di bidang pendidikan. Kita perlu lakukan kerja sama agar setiap program bisa kita kolaborasikan sehingga ke depannya bisa juga kita terapkan di pontren kita," ungkap Ilham.


Ahmad Mulis selaku Mudir Mu’allimin mengungkapkan, agenda hari ini menjadi sebuah pergerakan bagi pihaknya agar mampu mewujudkan program pendidikan yang baik dan sesuai dengan cita-cita dari perjuangan Muhammadiyah.


“Ini bagian dari pembelajaran sekaligus penggalian informasi dan pengalaman dari Kauman yang keberhasilannya sudah mumpuni. Kauman sudah menjadi role model di Sumatera Barat. Semoga setelah bertolak dari sini kami bisa duplikasi setiap program di sini," tuturnya.


Sementara kepada rombongan Derliana  memaparkan pengelolaan manajemen pondok pesantren, penyusunan program serta administrasi yang menjadi sentral sebuah lembaga.


Dilanjutkannya, dalam manajerial sebuah lembaga pendidikan, mesti memiliki performance yang kelak menjadi cover sebuah lembaga. Dewasa ini sebut beliau pendidikan tidak hanya berbicara tentang teoritis tapi juga mampu mencapai analisis kebutuhan dari pasar pendidikan.


“Kauman memiliki 23 ekstra kurikuler untuk meningkatkan skill santri terhadap apa yang mereka cintai, melalui kegiatan inilah lahir banyak prestasi. Sekarang  kita telah menciptakan pembelajaran project berbasis ISTEM (Islamic, Science, Technology, Engineering, and Mathematics) yang setiap akhir bulannya siswa membuat project berdasarkan rasa penasarannya sendiri," jelasnya.


Selama kunjungan, rombongan dibawa langsung melihat proses pembelajaran, manajemen di ketatausahaan, program pembentukan karakter santri, hasil proyek santri yang berbasis ISTEM. 


(Ernawati | Elin | Rilis)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!