Breaking News

March 13, 2023

Bupati Pessel Buka Turnamen Sepak Bola Bupati Cup Ku-12

                                                             11 Maret 2023

FS.Pessel(SUMBAR)-Bupati Pesisir Selatan (Pessel), Rusma Yul Anwar bersama Coach Indra Sjafri membuka secara resmi Turnamen Sepak Bola Bupati Cup Ku-12 antar SSB dan Akademi se-Indonesia di lapangan sepak bola Ilyas Yakup Painan, Sabtu (11/03).


Turut dihadiri, Forkompinda Pesisir Selatan, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan.

Bupati dalam sambutannya, mengatakan kepada anak-anak sekolah sepak bola dan akademi yang mengikuti tournamen ini jadikan kedatangan Coach Indra Sjafri semangat untuk menjadi pemain sepak bola yang terbaik.

"Bermimpilah mulai hari ini bagaimana 6 tahun kedepan bangunlah dari mimpi itu jadilah sosok Coach Indra Sjafri kedepannya,"kata Bupati saat memberikan sambutan.

Ia mengatakan, kedepan kegiatan ini akan kita jadikan suatu program percontohan untuk program Nagari Bersekolah kita luncurkan, karna kami memberi kepercayaan kepada kelompok masyarakat, SSB, Klub dan sanggar untuk bisa membentuk anak-anak sesuai dengan potensi yang ia miliki.

"Kegiatan ini kita fokus umur 12 tahun karena mereka lah yang mengemban masa depan, kita persiapkan lebih awal karna kita mempunyai waktu yang panjang untuk persiapkan kebutuhan di masa yang akan datang,"ujarnya

Bupati melanjutkan bahwa kedepannya Pemda Pesisir Selatan berkomitmen untuk membangun sumber daya manusia termasuk Sumber Daya Sepak Bola dan olahraga.

"Kita tidak ingin kehilangan generasi atlet-atlet yang mempunyai potensi di Kabupaten Pesisir Selatan," ungkapnya.

Bupati berharap, Dengan diadakan tuornamen ini akan dapat melahirkan indra Sjafri-indra sjafri lainnya dan tetap menjaga bahwa Pesisir Selatan tetap berkontribusi terhadap kemajuan Olahraga Nasional.

Ia juga mengatakan kegiatan ini akan kita lanjutkan untuk tahun berikutnya karna banyak potensi yang kita dapatkan, selain pengembangan daerah wisata, perkembangan Atlet, juga bisa menambah seputaran perekonomian masyarakat Pesisir Selatan.

Mudah-mudahan kedepannya Pesisir Selatan menjadi daerah yang diperhitungkan baik dari jumlah atlet, potensi wisata maupun perkembangan ekonominya.

Disamping itu, Coach Indra Sjafri mengatakan sepak bola tidak hanya soal kalah memang, tapi juga mendidik anak-anak kita untuk menjadi generasi muda yang utuh karena sepakbola juga mengajarkan kedisipinan.

“Kalau bisa ivent ini bisa dijadikan agenda tahunan dan tercipta kolaborasi antara pemerintah, Koni dan PSSI, untuk menjadi bahan evaluasi,”ujar pelatih Timnas U23, Indra Sjafri.

Di samping penekanan pada turnamen sepakbola, Indra Sjafri juga menyinggung terkait rencana memasukkan sepakbola ke dalam kurikulum pendidikan.

Indra menyebut selain telah meng upgrade FIlanesia, yakni filosofi yang dianggap cocok menjadi fondasi dan karakter sepak bola Indonesia, diharapkan sepakbola juga masuk ke dalam kurikulum pendidikan di sekolah

“Kita punya kursus, Inpres, dan kita juga mau kurikulum sepakbola juga disebarluaskan lewat kurikulum yang ada di sekolah, saat ini penyempurnaan kurikulum 2019 sudah hampir rampung dan kalau sudah ditandatangani presiden, kami berharap penyebaran kurikulum ini harus lebih masif,” ujar Indra Sjafri.

Kenapa kurikulum ini penting, lantaran satu sampai sepuluh rangking FIFA, adalah negara-negara yang memiliki kurikulum sepakbolanya.

“Kami berharap jika ini dilaksanakan secara masif di seluruh Indonesia, dan kepala daerah-kepala daerah propinsi dan kabupaten atau kota mensupport ini semua, saya yakin cita-cita untuk masuk piala dunia pasti akan terkabul,” ujar Indra Sjafri.

Diketahui, Kurang lebih 80 team SSB , SD dan Akademi mengikuti turnamen Sepak bola Bupati Cup ku-12 yang berasal dari Sumbar, Riau, Dumai, Jambi dan Kerinci.(**)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!