Breaking News

Umur Yang Terbatas


Oleh : Sri Yana

Fokussumatera.com - Siapa sih yang tahu sampai umur berapa kita hidup? Tentu, pasti tidak ada  yang mengetahui. Karena mengenai hal itu merupakan rahasia ilahi, yang tak ada seorangpun yg mengetahui hal itu. Sudah sejatinya seharusnya setiap manusia mempersiapkan amal sebanyak mungkin untuk menemui keharibaan ilahi Rabbi. Supaya hidup yang sementara ini tidak sia-sia.

Sudah banyak juga orang-orang di sekitar kita yang terlebih dahulu meninggalkan kita. Ada yang sakit, ada yang tiba-tiba meninggal, ada yang kecelakaan, dan sebagainya. Umur yang sudah di batasi itu tidak mengenal tua atau muda, karena ada yang masih kecil pun sudah dijemput-Nya. Semuanya sudah ditentukan, kita sebagai manusia yg masih hidup wajib mempercayainya.

Kira-kira hidup manusia di dunia sekitar 60-70 tahun. Rasulullah SAW saja hidup di dunia hanya sekitar 63 tahunan. Oleh karenanya hidup yang singkat harus digunakan untuk mendekatkan diri kepada Allah. Karena memang sudah sejatinya manusia diciptakan untuk mengetahui tentang kekuasaan Allah dan beribadah kepada Allah. Sebagaimana firman Allah SWT:
1. Mengetahui kekuasaan Allah
“Allah lah yang menciptakan tujuh langit dan seperti itu pula bumi. Perintah Allah berlaku padanya, agar kamu mengetahui bahwasanya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan sesungguhnya Ilmu Allah benar-benar meliputi segala sesuatu.” (TQS. Ath Thalaq: 12).

Allah menceritakan bahwa penciptaan langit dan bumi, agar manusia mengetahui tentang ke Maha Kuasaan Allah SWT, bahwa Allah lah pemilik jagad raya ini dengan ilmu Allah yang sempurna. Tidak ada satu pun yang terluput dari ilmu dan pengawasan Allah, karena ilmu Allah meliputi segala sesuatu.

2. Untuk Beribadah Kepada Allah Semata
“Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia, melainkan supaya mereka menyembah-Ku”. (TQS. Adz Dzariyat: 56).

Jadi Allah SWT menciptakan makhluknya berupa jin, manusia, dan lainnya  tidak asal diciptakan saja, namun memiliki tujuan yang sangat jelas yaitu untuk beribadah kepada Allah.

Karena sudah jelas apa tujuan hidup kita, mari kita tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kita, dengan melakukan amal perbuatan dengan selalu menghadirkan Allah SWT dalam setiap perbuatan kita. Sehingga kita terhindar dari perbuatan maksiat. Supaya hidup yang sementara ini, yang terbatas ini dapat menghantarkan kita ke surga-Nya Allah.

Wa'allahu a'lam bish shawab.