Breaking News

Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Kader Posyandu Rawang Diberikan Pembinaan



FS.Padang(SUMBAR) - Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Rawang, Kecamatan Padang Selatan bersama Kelurahan Rawang melakukan pembinaan kepada kader Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) diwilayah kelurahan Rawang. Kegiatan ini dibuka  oleh Lurah Rawang Andi Amir bertempat di aula kantor kelurahan setempat, Senin (1/7).

Pembinaan kader Posyandu ini merupakan bentuk komitmen perhatian Puskesmas dan Kelurahan  dalam meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan anak. Kemudian juga bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan keterampilan dan sikap para kader Posyandu dalam menyelenggarakan kegiatan Posyandu di Kelurahan Rawang.

"Sebagaimana kader Posyandu adalah kader yang memiliki kontribusi kepada masyarakat, karena terdepan dan lebih dekat ke masyarakat. Sekarang Posyandu telah berubah yang tadinya hanya melayani bidang kesehatan saja, tetapi sekarang juga melayani bidang sosial dan bidang yang lainnya," terangnya.

Dalam upaya mencegah gizi buruk dan stanting di Kelurahan Rawang, Lurah Andi pun mengaku bersama puskesmas akan mendirikan Pos Gizi dimana nantinya kader posyandu akan mendata anak-anak yg terindikasi gizi buruk, bagi anak tersebut akan diberikan makanan tambahan selama 10 hari berturut2, selama itu mereka akan dipantau pertumbuhannya.

"Pos Gizi akan didirikan secara swadaya oleh kader dan kelurahan. Nantinya juga akan di bantu oleh tim kesehatan dari Puskesmas Rawang," tukuknya.

Dengan dibentuknya pos gizi kata dia lagi, diharapkan nantinya  masyarakat mendapatkan  pemahaman dan pengetahuan mengenai informasi kesehatan, terutama mengenai pentingnya menjaga gizi seimbang untuk menghindari stunting. Selain itu para pasien bayi, balita dan ibu hamil dengan energi kronis akan dikumpulkan dan diberikan makanan bergizi.

"Pos gizi tujuannya sebagai pemberdayaan masyarakat kelurahan untuk meningkatkan status gizi balita yang masih kurang. Bentuk kegiatannya yaitu sosialisasi gizi seimbang, praktik memasak yang sehat, cara penyajian dan pemberian makanan pada balita sesuai dengan usia," papar lurah terbaik Kota Padang 2018 itu.(rel)