Breaking News

Puluhan Murid SD YARI School Padang Kunjungi DPRD Sumbar

                                                                                               10 September 2019



FS.Padang(SUMBAR) - Ruang khusus I DPRD provinsi Sumatera Baratdi penuhi puluhan murid SD Yari School Padang, Selasa (10/9). Kedatangan puluhan murid SD yang didampingi beberapa guru  dalam rangka  pengenalan tentang  segala sesuatu tentang DPRD provinsi Sumbar dan informasi lainnya tentang pemerintah.
Murid-murid tersebut dengan polosnya melontarkan pertanyaan secara bergantian kepada  sekretaris DPRD sumbar, Raflis. Meskipun masih duduk dibangku SD, pertanyaan-pertanyaan yang dilemparkan oleh puluhan murid SD Yari itu membuat Sekwan Raflis sedikit kewalahan.

Salah satu pertanyaan dari para murid SD Yari tersebut yaitu kapan berdirinya gedung DPRD Provinsi Sumatera Barat. Sekwan Raflis pun menjawab, "gedung DPRD Sumbar berdiri pada tahun 1955 dan syarat menjadi anggota DPRD pertama harus  mempunyai Ijazah maksimal SMA. jelasnya Tetapi sekarang yang menjadi anggota DPRD sumbar haruslalah berijazah S1, ungkapnya. 

Disamping itu juga dijelaskan bagaimana cara anggota DPRD mengambil keputusan yaitu, dengan cara bermusyawara melalui rapat, ada rapat fraksi, dan juga rapat komisi, dan untuk mengambil keputusan terakhir dengan melaksanakan rapat paripurna yang diikuti oleh pemerintah provinsi.
Sekwan juga berpesan  kepada siswa siswi SD Yari agar bisa kelak menjadi Anggota DPRD sumbar tentunya di mulai dari sekarang, para siswa harus giat belajar dan mengaji serta harus rajin membaca buku pelajaran dan belajar tentang apa saja yang berhubungan dengan kehidupan.
Selanjutnya  Raflis menjelaskan pada siswa tentang kegunaan Perda yang di Sahkan DPRD sumbar, dikatakan Perda berguna untuk mengatur segala yang berkaitan dengan masyarakat, dengan contoh tentang Perda Mengaji yang telah ditetapkan DPRD yaitu bertujuan untuk masyarakat agar diwajibkan pada anak anak untuk mengaji di Mesjid, Langgat atau TPA dan TPSA dari usia dini. 

Wakil kepala sekolah Yayasan Anak Republik Indonesia (Yari) school  Septia Meri menjelaskan, kedatangan kami ke gedung DPRD sumbar ini, adalah dalam rangka pengenalan langsung keinstansi pemerintahan/ DPRD sumbar  kepada siswa.

Dengan cara belajar langsung turun kelokasi seperti ini, dapat meningkatkan  pemahaman siswa terhadap fungsi pemerintahan DPRD sumbar, dan kinerjanya.

Dengan belajar cara seperti ini, pemahaman siswa akan lebih luas dan mendalam daripada hanya sekedar mendengarkan penjelasan guru di kelas,” katanya.

Lebih lanjut dia menambahkan, ada perbedaan daya serap dan daya ingat usia anak – anak antara hanya mendengarkan, dan dengan belajar langsung ke lapangan seperti ini.
Pengalaman di lapangan lebih cepat dipahami dan diingat daripada hanya dengan mendengar.   Jadi, dengan membawa anak – anak langsung ke gedung DPRD sumbar, tentunya hasil yang dicapai dalam pembelajaran akan berbeda dengan hasil yang diperoleh melalui penjelasan di kelas,” tutupnya (dan/Ay)