Breaking News

March 9, 2020

33 Santri Surau Babussallam Tabek Koto Tanah Datar Ikuti Wisuda Khatam Al-Qur’an


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Sebanyak 33 Satri Surau Babussallam Tabek Koto, Jorong Baringin, Nagari Baringin, Kecamatan Lima Kaum, Batusangkar, Sumatera Barat berhasil menyelesaikan pendidikan Al-Qur’an di TPA Surau Waqaf Babussallam Tabek Koto, Nagari Baringin dan telah  mengikuti Wisuda Khatam , Minggu 08 Maret 2020 kemaren.

Dibalik keberhasilan Khatam Al Qur’an itu tak lepas kerjasama dari seluruh pihak yakni Perintah Nagari, Ninik Mamak, Perantau, Pemuda dan masyarakat yang berhasil memulihkan kembali kerusakan surau akibat cuaca ekstrim beberapa waktu silam.

Pengurus Surau Waqaf Babussallam Tabek Koto, Cipta Prasat mengatakan kerusakan berupa runtuhnya Dam halaman, rusaknya kanopi dan beberapa bagian dengan kerugian lebih kurang Rp.35 juta.

“Rusaknya beberapa bangunan Surau menjadi pembahasan serius dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat jorong Baringin, Alhamdulillah pada akhirnya semua terselesaikan dengan baik, hingga terselenggara acara khatam Al Qur’an ini,” ujar Cipta Prasat.

Terlepas dari keberhasilan itu, ia melaporkan bahwa Surau Waqaf Babussalam Tabek Koto juga telah ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan Waqaf 1.000 hafiz dengan mengirimkan sebanyak 25 orang Santriwan dan Santriwatinya.


“Disebelah Surau ini telah berdiri rumah Tahfiz Babussalam, inilah bentuk dukungan masyarakat jorong Baringin terhadap program pemerintah daerah dalam mewujudkan kabupaten tahfiz,” ujar Cipta Prasat.

Sementara itu, Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, SH  yang menghadiri acara tersebut mengucapkan terima kasih serta mengapresiasi terlaksananya acara Khatam Al Qur’an guna menciptakan generasi yang berakhlak dengan iman dan taqwa yang kuat.

“Kita menyakini bahwa Al Qur’an adalah obat bagi generasi muda agar tidak terjerumus ke dalam dampak negatif pergaulan bebas yang banyak terjadi pada saat ini, untuk itu kita ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas terselenggaranya acara ini,” ujar Zuldafri.

Wabup berpesan kepada peserta Khatam untuk terus melanjutkan pendidikannya melalui rumah tahfiz, “Terus lanjutkan, jangan sampai dengan khatam ini berhenti membaca Al Qur’an, hindari niat bahwa khatam Al Qur’an hanya bertujuan mendapatkan sertifikat untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat selanjutnya,” ujar Zuldafri.

‘’Mempelajari dan mengkaji Al-Qur’an tidak ada batasannya, karena Al-Qur’an adalah pedoman hidup yang sempurna bagi umat Islam yang akan menuntun dan memberikan jaminan keselamatan hidup di dunia dan di akherat. Untuk itu kepada anak-anak kami, teruslah belajar dan belajar, lebih dalami dan tingkatkan lagi mempelajari Al-Qur’an’’ pesan Wabup Zuldafri.

Selanjutnya, Wabup Zuldafri diakhir sambutan memberikan bantuan pembangunan yang diterima langsung oleh  Ketua Pengurus Surau Waqaf Babussalam Tabek Boto didampinggi Camat Lima Kaum Hendra Setiawan, Sekretaris Nagari Baringin dan Tokoh Masyarakat. (Z.Z/hms)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!