Breaking News

March 2, 2020

Jelajahi 'Gua Janjian' Sawahlunto, Bule Spanyol Merasa Tertantang


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Merupakan suatu kebanggaan tersendiri  bagi masyarakat dan Pemerintah Kota Sawahlunto, pasalnya Wisata 'Gua Janjian' yang saat ini masih dalam tahap pengembangan sudah rutin dikunjungi wisatawan, bahkan kali ini dikunjungi Wisatawan dari Mancanegara.

Gua Janjian yang terletak  di Desa Talago Gunuang, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto, Sumatera Barat dikunjungi Oscar, seorang Wisatawan Mancanegara kebangsaan Spanyol. Bule ini datang ke Gua Janjian bersama rombongan Lembaga Pengkajian dan Pemberdayaan Masyarakat (LP2M) Padang, Jum’at, 28 Februari 2020 lalu.

Usai masuk ke Gua sedalam kurang lebih 60 meter itu, Oscar mengaku sangat senang dan tertantang menjelajahi seluk beluk Gua Janjian ini. Ia ingin tahu lebih dalam dan lebih banyak lagi tentang seluk beluk dan sejarah Gua Janjian.

"Gua ini sangat bagus dan masih natural. Tolong jaga kondisi natural (alami) gua ini, karena itulah yang menjadi daya tariknya," kata Oscar seperti yang diterjemahkan oleh salah satu pendampingnya. 


Oscar juga menyarankan agar safety equipment (perlengkapan keamanan) dapat ditambah. Hal tersebut bertujuan untuk melindungi dan menjamin keamanan serta keselamatan pengunjung/wisatawan yang datang.

Sementara itu, Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Lembah Sajonang, Robert yang mengelola destinasi wisata Gua Janjian ini mengatakan, bahwa dirinya mewakili masyarakat Sawahlunto sangat senang Gua Janjian ternyata juga menarik perhatian wisatawan Mancanegara. 

"Alhamdulillah, meskipun saat ini baru dalam tahap awal pengembangan, namun sudah banyak wisatawan yang datang berkunjung. Bahkan seperti Mr. Oscar ini adalah wisatawan Mancanegara. Kita berharap semakin banyak lagi wisatawan lain yang datang," ujar Robert. 

Robert juga menuturkan, Pokdarwis Lembah Sajonang berharap Pemerintah Kota (Pemko) ataupun pihak lainnya dapat membantu memfasilitasi anggota Pokdarwis untuk mengikuti les Bahasa Inggris.
Sehingga ke depan, bila ada tamu dari luar negeri dapat didampingi dengan lancar tanpa terkendala keterbatasan bahasa. 

Menanggapi kunjungan dari wisatawan itu, Walikota Sawahlunto Deri Asta mengatakan bangga dan itu menjadi motivasi bagi Pemko maupun Pokdarwis setempat untuk terus mengembangkan potensi wisata di Gua Janjian. Walikota yang beberapa bulan lalu juga sudah pernah menjelajah masuk ke dalam Gua Janjian itu menyebutkan bahwa datangnya wisatawan mancanegara menandakan bahwa Gua Janjian memang berpotensi besar sebagai destinasi wisata.

Usai menjelajah Gua Janjian, rombongan Oscar bersama LP2M Padang itu juga dibawa mengunjungi museum - museum di kawasan kota Tua Sawahlunto. Rombongan tersebut kemudian menginap di 'Kota Arang' selama 2 malam. (Z.Z/Y)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!