March 24, 2020

MINA, Jamu Khas Balai Janggo Pagaruyung Miliki Banyak Khasiat Untuk Kesehatan


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Minuman Anak Nagari (MINA) adalah minuman atau jamu khas  Anak Jorong Balai Janggo, Nagari Pagaruyung, Kecamatan Tanjung Emas, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera barat. Jamu MINA ini  merupakan menu wajib bagi  pemuda Jorong khususnya Balai Janggo. 

Minuman yang terdiri dari Kacang Kedelai, Kacang Ijo, Gula Aren dan Telur ini, selain mempunyai rasa yang enak juga mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Telur yang digunakan biasanya adalah telur ayam kampung. Bagi pemuda Nagari khususnya Jorong Balai Janggo, MINA dipercaya sebagai minuman panambah stamina.

Hal tersebut disampaikan Wali Jorong Balai Janggo Irwandi, Jorong Gudam Andri, Soddik dan anggota PPWI Tanah Datar Eky Permana kepada fokussumatera.com, Selasa 24 Maret 2020. 


"Ternyata MINA bukan hanya sekedar memiliki rasa yang enak dan digemari kebanyakan orang, tetapi mempunyai khasiat yang luar biasa," ujar mereka.

Adapun khasiat MINA antara lain  : yang pertama Menambah Tenaga/Stamina. MINA memiliki manfaat yang sangat besar dalam menambah tenaga. Apalagi buat orang-orang yang memiliki banyak aktivitas dan pekerjaan yang berat. Sebelum bekerja  dapat minum  MINA untuk meningkatkan kekuatan dan tenaga, serta agar tidak mudah lelah. Selain itu, Kacang-Kacangan dan telur juga bisa diminum setelah beraktivitas dan bekerja berat untuk mengembalikan stamina dan energi yang telah habis saat melakukan pekerjaan tersebut. Dengan kemudahan membuatnya dan tidak mengandung bahan kimia, MINA menjadi alternatif tepat dan aman sebagai minuman penambah energi.

Yang kedua, Menjaga Kekebalan tubuh. Manfaat satu ini mungkin masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Kandungan zat asam amino pada MINA memiliki peran untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Yang ketiga, Meningkatkan Stamina Pria. MINA sangat bermanfaat bagi pria dewasa dalam meningkatkan stamina dan keperkasaan .Jadi bagi pria dewasa yang sudah menikah, bisa mengonsumsi MINA sebagai stamina.

Yang keempat, menjaga berat badan agar tetap ideal dan tidak berlebih. Dengan mengonsumsi teh talua/ MINA ini bisa menekan nafsu makan dalam rangka menjaga agar berat badan tetap ideal.

Dan yang terakhir, Memenuhi Kebutuhan Vitamin Tubuh.Berbagai vitamin tersebut masuk ke dalam tubuh dan bekerja ke berbagai bagian yang memerlukannya.

Tetapi MINA yang satu ini yang menjadi  minuman khas pemuda Minang terutama pemuda Jorong Balai janggo, Nagari Pagaruyung, Kabupaten Tanah Datar yaitu MINA dicampur dengan jahe,kunyit,serai dan temu lawak.

MINA yang dicampur dengan bumbu masak (Bumbu Langkok dalam Bahasa Minangnya) seperti Jahe, Kunyit, Serai dan Temu Lawak ini sangat cocok dikonsumsi  untuk kesehatan tubuh apalagi saat pada situasi sekarang ini dengan maraknya Virus Corona. MINA dapat dijadikan alternatif untuk menghindari berjangkitnya Virus Corona yang sangat berbahaya.(Z.Z)

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!