Breaking News

Connect With us

April 13, 2020

Ketua DPD PAN Pasbar Baharuddin Sosok Pemimpin Yang Peduli Pada Masyarakat

FS.Pasaman Barat(SUMBAR)-Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Pasaman Barat, Drs.H.Baharuddin.R, MM yang akrab dipanggil 'Niniak Bahar' yang merupakan Anak Nagari Sinuruik dan juga tokoh masyarakat Pasbar, dan saat ini juga sebagai Ketua Komisi III DPRD Pasbar memang seorang pemimpin yang selalu peduli dengan masyarakatnya.

Hal ini terbukti dari setiap gebrakan dan kepedulian yang dikakukannya dalam setiap kegiatan selalu disambut hangat oleh masyarakatnya. Seperti yang dilakukannya pada bulan lalu, tepatnya Minggu (29/03/2020) Niniak Bahar bersama keluarga besar PUAN PAN Pasbar  disambut meriah oleh warga Pasbar yang berbelanja di pasar Simpang Empat, pasalnya saat itu Niniak melakukan kegiatan berbagi 1000 masker untuk masyarakat Pasbar di Bundaran Simpang Empat Nagari Lingkuang Aua Kecamatan Pasaman.

Kini, Minggu (12/04) kembali Niniak Bahar melakukan kegiatan sosial berbagi kepada masyarakat yang masih terkait dengan sosialisasi dan edukasi dalam memutus rantai Covid 19 di kampung halamannya.

Kegiatan tersebut berupa Penyemprotan disinfektan sebanyak 7000 liter yang diolah dari campuran So-Klin dan air, yang dilakukan Niniak dengan swadaya sendiri, baik itu berupa pasilitasi perlengkapan penyemprotan disinfektan, armada, bahan cairan disinfektan, Tanki atau pompa air, dan pekerja, bahkan Niniak ikut langsung terlibat melakukan penyemprotan tersebut.

Kegiatan peduli yang dilakukan Niniak ini tidak tanggung-tanggung yakni dengan melakukan penyemprotan disinfektan di tujuh kejorongan, seperti Jorong Kemajuan, Jorong Paroman, Jorong Benteng, Jorong Sianok Pasar Baru dan Jorong Tinggam, Jorong Merdeka serta Jorong Kesetiaan.

Kegiatan peduli ini diawali Niniak sejak kemarin Sabtu (11/04/2020) di kejorongan Benteng dan Kejorongan Sianok Pasar Baru. Sedangkan hari ini Niniak dan relawannya melakukan kegiatan di Jorong Paroman dan Jorong kemajuan, Kenagarian Sinuruik, Kecamatan Talamau, Minggu (12/04).


"Kita akan lakukan penyemprotan di tujuh kejorongan yang ada di Nagari Sinuruik, dan penyemprotan ini akan kita lakukan setiap hari dan sudah dimulai sejak Sabtu kemarin hingga semua kejorongan selesai", Ujar Baharuddin.

Niniak Bahar berharap dengan ada nya penyemprotan disinfektan tersebut dapat membuat masyarakat lebih percaya diri dan rasa was-was mereka berkurang.

"Penyemprotan ini kita lakukan selain dalam rangka pencegahan penyebaran Virus Covid-19. Juga kita ingin membangkitkan kembali semangat dan rasa percaya diri Masyarakat yang saat ini dalam keadaan was-was dan ketakutan karena Covid 19 ini", Tambah Bahar.

Menurutnya, meskipun pihaknya sudah melakukan penyemprotan disinfektan di kampung halamannya, namun Ia tetap menghimbau Masyarakat Kenagarian Sinuruik agar tetap kompak dan bersatu dan jangan mudah termakan isu-isu yang tidak bertanggung jawab, tetap menjaga kebersihan, jaga kesehatan, dan ikuti himbauan, aturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah serta jangan lupa bertawaqal dan mohon perlindungan ALLAH., SWT. dengan tetap melaksanakan segala perintah  dan menjauhi segala larangan-Nya.

H. Baharuddin R. MM., juga berharap agar Pemda bisa memberikan perhatian khusus kepada warga Jorong Paroman yang saat ini sedang mengalami diskriminasi dari warga Kejorongan lainnya pasca kejadian adanya Warga Paroman yang berdomisili di Padang meninggal akibat Covid-19 dan dimakamkan di Kejorongan Paroman beberapa hari yang lalu, menurutnya hal ini karena kurangnya kebenaran sosialisasi  dari pihak yang berwenang terhadap warga tentang apa covid 19 tersebut.

"Kita harapkan Pemda bisa memberikan perhatian kepada Masyarakat Paroman yang saat ini serba kekurangan dan kehabisan perbekalan akibat dikucilkan oleh Masyarakat kejorongan lainnya", Harapnya.

"Bahkan Masyarakat Paroman ditolak di semua tempat, belanja ke Pasar ditolak dan disisihkan, sehingga untuk mencukupi kebutuhan mereka sangat kesulitan", tambah nya.

"Jadi kita harapkan Pemda bisa mencarikan jalan keluar hal ini", tutup Baharuddin.

Menurut Niniak, kegiatan yang dilakukan tersebut merupakan kepedulian terhadap masyarakat dalam mengantisipasi dan mengatasi serangan ganas wabah Covid-19. di samping itu, apa lagi saat ini rakyat kesulitan untuk mendapatkan Alat Pelindung Diri (APD).


Bukan itu saja,rencananya Baharuddin juga akan memberikan bantuan senilai Rp 100 juta kepada masyarakat sinuruik, yakni berupa sembako, kepada 3000 KK.
"paling lama Insyahallah sebelum Ramadhan ini bantuan tersebut sudah kita bagikan, di Jorong sinuruik," terang Niniak Bahar.

Sementara Masyarakat Paroman terkait kondisi yang mereka alami saat ini mengaku sudah Pasrah dan tidak tahu apa yang harus di lakukan. Masyarakat Paroman juga mengatakan bahwa Wali Nagari dan Camat Talamau tidak perduli dengan apa yang mereka alami.

"Kalau terus-terusan seperti ini, lebih baik kami tidak memiliki Wali Nagari dan Camat, Karena mereka yang kami harapkan membantu kami di sini justru mereka tidak peduli dengan kondisi yang kami alami", Tutur Salah seorang Warga Paroman inisial YS.

Di akhir kegiatan tersebut Minggu sore (12/04/2020) Niniak menyampaikan kepada Insan Pers PerkumpulAn Jurnalis Online Pasbar, bahwa wabah virus Corona yang telah menggegerkan dunia ini jangan dianggap enteng, apa lagi bila tak ditangani dengan serius, atau kurangnya sosialisasi maupun edukasi dari yang berwenang kepada masyarakat, maka dikhawatirkan akan dapat membahayakan terhadap, kesehatan, kerukunan, ketentraman dan kenyamanan di lingkungan masyarakat.(mukhlis)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!