April 3, 2020

Ketua DPRD Padang Ajak Masyarakat Berdo'a Agar Terbebas Dari Covid-19

                                                                                                                                    03 April 2020
FS.Padang(SUMBAR)-Ketua DPRD Kota Padang Syafrial Kani senang mendengar pernyataan Kepala Dinas Kesehatan (DKK) Kota Padang Feri Mulyani Hamid menyampaikan, kondisi lima orang pasien positif Covid-19 di Kota Padang kini kian membaik dan berangsur sembuh.

Sebagai pimpinan lembaga legislatif ia bersama 44 rekanya sesama wakil rakyat sudah menggeser anggaran sebesar Rp 6,4 miliar untuk penanganan dampak covid – 19, ungkapnya , Jumat (3/4/2020).

Para wakil rakyat Kota Padang akan mengawasi langsung agar bantuan tersebut sampai pada masyarakat yang berhak menerima.

“Alhamdulillah, setelah menjalani perawatan intensif kondisi lima pasien kita berangsur sembuh. Pasien tersebut saat ini masih terus menjalani perawatan,” kata Kadis Kesehatan Kota Padang Feri Mulyani, di Padang, Jumat (3/4/2020).

Feri mengungkapkan, empat dari lima pasien tersebut kini menjalani perawatan lebih lanjut dirumah sakit. Sementara satu orang kini pulang kerumah dan menjalani isolasi mandiri.

“Dari lima orang pasien, satu orang telah pulang kerumah dan menjalani isolasi mandiri. Pasien yang pulang merupakan pasien ke lima,” terangnya.

Lebih jauh dikatakannya, jika kondosi pasien yang positif, baik atau ringan maka tidak perlu dirawat dirumah sakit, cukup dirumah menjalani isolasi mandiri dengan mengikuti pertunjuk petugas kesehatan.

“Setelah 14 hari baru dilakukan pengecekan selama dua kali. Jika kedua hasil pengecakan negatif baru dinyatakan sembuh,” jelasnya

Feri menjelaskan, waktu penyembuhan pasien positif corona sama dengan waktu penyembuhan virus lainnya. “Dia akan sembuh sendiri, kalau daya tubuhnya baik. Akan semakin baik daya tahan tubuhnya maka akan semakin cepat membentuk antibodi yang mempercepat kesembuhan dirinya,” imbuhnya.

Sementara itu, pasien kedua dirawat di RSUP Djamil bersama dengan pasien keempat. “Jadi pasien ke empat kontak dengan pasien kedua,” katanya.

Terkait riwayat perjalanan pasien kelima, sebelumnya memiliki riwayat perjalanan ke Jakarta. sebaliknya pasien keenam memiliki anggota keluarga dari Jakarta dan Malaysia. Pasien keenam dirawat di RS Ibnu Sina kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Achmad Moctar Bukitinggi karena di Padang penuh.

Dari data yang dihimpun Dinas Kesehatan Kota Padang per 2 April 2020, telah didapati Pelaku Perjalanan dari Area Terjangkit (PPT) yang terus meningkat yakni sebanyak 2.895 orang, dengan 267 PPT baru dan yang selesai pemantauan sejumlah 99 orang.

Begitu juga untuk kasus Orang Dalam Pemantauan (ODP), saat ini telah ditemukan sebanyak 75 orang dengan 15 ODP baru dan selesai pemantauan 36 orang. Sementara bagi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yakni sebanyak 11 orang dengan 4 orang telah dinyatakan negatif covid-19. Sedangkan untuk yang terkonfirmasi positif adalah sebanyak 6 orang dengan meninggal 1 orang.(s/I)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!