Breaking News

May 28, 2020

Rapat dengan Pimpinan Daerah se-Sumbar, Gubernur Irwan Prayitno Minta Masukan Terkait Perpanjangan PSBB


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Pemerintah Povinsi Sumatera Barat menggelar Rapat bersama seluruh Kepala Daerah se-Sumatera Barat. Menurut Informsi Humas Pemda Tanah Datar dalam Rapat yang digelar melalui Vidio Conference, Selasa, 26 Mei 2020 tersebut Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno meminta masukan seluruh Kepala Daerah terkait perpanjangan masa PSBB.

Pasalnya masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Provinsi Sumatera Barat tahap kedua akan segera berakhir pada tanggal 29 Mei ini. PSBB yang sudah berjalan hampir satu bulan tersebut dinilai cukup berhasil menekan angka penularan atau memutus mata rantai penularan wabah Corona VIrus Desiase (Covid-19).

Namun untuk kedepannya Pemprov Sumatera Barat akan kembali memikirkan dan menyepakati bersama Pemerintah Kabupaten/Kota, keputusan apa yang akan diambil. Dan  pada hari ini, Kamis,  28 Mei2020   kembali akan diadakan rapat untuk memutuskan, maka saat Video Converence  tersebut diminta masukan dan saran dari masing-masing Pimpinan Daerah.

Dikatakan Gubernur Rapat tersebut  dilakukan guna berdiskusi sehingga nanti bisa diputuskan tentang keberlanjutan PSBB. Dari data yang terjangkit di Sumbar bisa dijadikan acuan kedepan baik untuk Sumbar maupun bagi daerah masing-masing.

Gubernur juga mengatakan total positif terjangkit di Sumbar per 26 Mei sebanyak 510 orang, yang terbanyak Kota Padang dan episentrumnya Pasar Raya Padang, sementara untuk daerah-daerah tidak ada penambahan yang siknifikan atau cenderung menurun.

"Terkait PSBB ada sebahagian daerah ingin memperpanjang dan ada juga yang ingin dihentikan, jika ingin diperpanjang kita pertegas saja Permenkes Nomor 9 Tahun 2020 tentang pedoman PSBB, namun jika tidak tentu kita semua juga harus sepakat payung hukum apa yang akan kita pakai dan ini menjadi kajian kita bersama, yang terpenting protokol covid-19 harus tetap diikuti," ucap Irwan.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Irwan Prayitno juga sebutkan informasi rencana Pemerintah tentang "New Normal", dan rencana Pemerintah Pusat akan melaksanakan penerapan secara tegas PSBB yang akan dibantu penuh TNI dan Polri, yaitu Jawa Barat, Sumatera Barat, DKI Jakarta dan Gorontalo.

Terkait New Normal atau Kehidupan Normal Baru, disampaikan Gubernur kita harus beradaptasi dengan suasana yang baru dengan mendisiplinkan protokol kesehatan, dan itu akan berlaku tidak lama lagi.

"Lepas dari PSBB kita harus siap dengan New Normal, dan ini harus diatur sedemikian rupa bagi kita yang beraktifitas sembari menunggu vaksin covid-19 ditemukan," sebut Irwan.

Irwan juga katakan bagi kita yang bekerja ikuti protokol covid-19, bahkan sampai pengaturan ruangan kerja, perangkat kerja, penyediaan tempat mencuci tangan dan hal-hal penting lainnya.

Rapat pimpinan daerah dengan Gubernur Sumbar via vidcon tersebut dihadiri Sekretaris Daerah Tanah Datar Irwandi, Asisten Pemerintahan dan Kesra Suhermen, Kadis Kesehatan dr. Yesrita Zedrianis, Kasatpol PP Yusnen dan berapa Pejabat Daerah Tanah Datar lainnya.(Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!