June 18, 2020

ASN Polres Tanah Datar, Hendri Mispar Inspirasi Masyarakat di Tengah Situasi Pandemi Covid-19


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Dalam situasi Pandemi Covid-19, dimana segala kegiatan dan aktivitas serba dibatasi dan harus selalu patuh dan menerapkan Protokol Kesehatan, bukan berarti kita harus pasrah pada nasib. Namun banyak hal yang bisa kita lakukan dan kita usahakan di tengah Wabah Pandemi ini. Kita dituntut tetap optimis dalam menjalani kehidupan.

Kesedian Pangan pada saat ini perlu diperkuat mengingat Pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir  dan kita belum tahu pasti kapan Covid-19 akan enyah dari bumi ini. Sesuai intruksi Presiden bahwasannya seluruh lini harus memperkuat ketahanan pangan yang ada dan memanfaatkan lahan tidur guna mendukung ekonomi masyarakat. Intruksi inilah yang menjadi dasar seluruh Personil Polri dalam mengembang usaha kecil mereka dan tentunya bekerja sama dengan masyarakat.

Seperti Hendri Mispar, seorang ASN  Bag ren Polres Tanah Datar  yag telah menginspirasi masyarakat Tanah Datar dalam menghadapi situasi Pandemi. Hendi Mispar ini memiliki lahan yang cukup luas dalam rangka mendukung ketahanan pangan. Lahan seluas 800 M2 tersebut mempunyai 3 kolam ikan yang di atasnya dibangun 1 kandang itik dan jumlah ternaknya berkisaran 5000 ekor Ikan Nila dan 375 ekor Itik. 

Saat dikunjungi Tim dari Polres Tanah Datar baru-baru ini, beliau memperlihatkan telur itik yang merupakan hasil ternak setiap harinya.

Kelebihan dari usaha Hendri Mispar adalah pakan itik yang diberikan 50 persen diolah sendiri dengan harga yang sangat murah, tetapi kualitasnya tidak kalah dengan pakan pabrik. Jadi gizi dari itik tersebut tetap terjaga.

Usaha yang telah dimulai Hendri Mispar sejak bulan oktober 2019 silam berkembang pesat sejak adanya wabah Covid-19. Hal ini ditandai dengan banyaknya permintaan hasil ternak beliau seperti permintaan Telur Itik dan dan Daging Itik, terutama di lingkungan sekitar Nagari Sumanik, Salimpaung. Hadirnya usaha dari Hendri Mispar sangat membantu masyarakat sekitar dalam memperkuat pangan.

Kapolres Tanah Datar AKBP Rokhmad Hari Purnomo, SIK.,M.Si mengapresiasi usaha dari personil Polri dalam mendukung ketahanan pangan dimasa Pandemi covid-19 dan melihat usaha mereka tidak mengganggu pekerjaan pokok sebagai anggota Polri. Semoga dengan usaha ini dapat memperkuat ketahanan pangan, khususnya di nagari mereka.

Semoga jejak langkah Hendri Mispar ini dapat menjadi sebuah inspirasi bagi Anggota lainnya dan masyarakat Tanah Datar khususnya untuk melakukan usaha-usaha yang dapat mendukung ketahanan pangan, teutama di masa Pandemi Virus Corona ini.(Z.Z)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!