Breaking News

Connect With us

June 12, 2020

Wabup Zuldafri Bersama Forkopimda Tanah Datar Lakukan Edukasi TNBPAC di Pasar Batusangkar


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Penerapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 (TNBPAC) atau New Normal di Kabupaten Tanah Datar telah memasuki hari ke 4. Memasuki hari ke 4 penerapan TNBPAC (New Normal), Pemerintah Kabupaten Tanah Datar terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat. Kali ini  Wakil Bupati Tanah Datar H. Zuldafri Darma, SH bersama Forkopimda Tanah Datar meninjau aktifitas Pasar Batusangkar. Didampingi Forkompimda, Sekda Irwandi dan Kepala OPD terkait, kunjungan dilakukan  Kamis (11/06) kemaren.

Informasi Humas Tanah Datra mengatakan bahwa peninjauan pasarBatusangkar ini  dalam rangka memantau langsung aktifitas pedagang pasar dan pengunjung dalam menerapkan protokol kesehatan. Ini dilakukan guna mengingatkan masyarakat untuk selalu mematuhi anjuran Pemerintah.

Di kesempatan itu Wabup mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar bersama Forkompimda terhadap masyarakat pada masa pergeseran dari masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke TNBPAC.

“Ini kita lakukan guna memotivasi dan mengingatkan masyarakat agar lebih meningkatkan kepatuhan dan disiplin terkait dalam penegakan protokol kesehatan dalam rangka mencegah penularan dan penyebaran wabah covid-19,” ucapnya.

Wabup juga menyebut dalam melakukan peninjauan terhadap pedagang dan pengunjung pasar, apabila ditemukan yang masih melakukan pelanggaran terhadap protokol kesehatan akan diberikan edukasi terkait seberapa pentingnya bersama-sama menjaga kesehatan demi keselamatan bersama.

“Sebelumnya kita juga telah melakukan sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mulai dari jorong, nagari, kecamatan sampai ke kabupaten, tinggal hari ini kita mengawasi dan mendisiplinkan masyarakat serta menegakkan protokol kesehatan, tambah Zuldafri.

Terkait apabila ada ditemui masyarakat pengunjung dan pedagang pasar Batusangkar yang melanggar protokol kesehatan disampaikan Wabup akan berikan pengertian secara persuasive dan pendekatan-pendekatan secara emosional. Namun apabila kita jumpai pelanggar yang sama lagi setelah ini, maka akan diberikan tindakan tegas.

Pada kesempatan itu Wabup juga menghimbau masyarakat, pengunjung dan pedagang pasar untuk meningkatkan kewaspadaan karena pada hari ini kondisi perekonomian sangat sulit sekali, sehingga ini rentan terhadap terjadinya tindak kejahatan.

“Kepada pengunjung dan pedagang pasar Batusangkar jangan lupa sebelum berangkat ke pasar hendaknya perikas kelengkapan kita, seperti masker, sarung tangan, memeriksa suhu tubuh dan yang paling penting hendaknya sering-sering mencuci tangan dengan air yang mengalir terutama apabila sudah banyak melakukan kontak fisik dengan orang lain dan selalu menjaga jarak aman,” sampai Wabup.

Sementara untuk fasilitas mencuci tangan dikatakan Wabup sudah disediakan di sekitar pasar lengkap dengan sabun cair, hal ini guna mempermudah para pedagang dan pengunjung pasar untuk mencuci tangan dan selalu menjaga kebersihan.

Pada kesempatan meninjau pasar Batusangkar tersebut Wakil Bupati H. Zuldafri Darma juga membagikan masker kepada pedagang dan pengunjung pasar yang tidak memakai masker sembari memakaikan langsung masker ke beberapa pedagang dan pengunjung pasar. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!