Breaking News

July 23, 2020

Irwan Basir : Penerima PKH Harus Tepat Sasaran

FS.Kabupaten Solok(SUMBAR)-Kabid Limjamsos Sosial Provinsi Sumbar Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM disambut langsung oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Solok Yandra, SE, M.Si didampingi Kabid Dinas Sosial Kabupaten Solok.

Dalam kunjungan kerja (Kunker) memberikan bimbingan teknis terdapat pendamping PKH se-Kabupaten Solok pertemuan Family Development Sessions (FDS) dengan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada Masing - masing Nagari. Bertempat di Aula Dinas Sosial, Jalan Raya Lubuk Selasih, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok Kota, Rabu (22/07/2020) Pagi.

Selanjutnya melaksanakan verifikasi serta mendektisi pemasangan stiker pada Masing - masing rumah Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Solok.

Dari pantauan awak media di lapangan Kabid Limjamsos Sosial Provinsi Sumbar Irwan Basir Datuk Rajo Alam,. SH, MM didampingi oleh Iskandar, S.Pd Kasi Bencana Alam, Andra Rizki S.Sos Kasi Bencana Sosial Dinsos Provinsi Sumbar, Nanan Suryana, S.Sos Kasi Perlindungan Jaminan dan Keluarga (PKH), Mulyadi, SH serta Agustian, A.Md Staf Perlindungan dan Jaminan Sosial, Ari Suhandra Staf Jaminan Sosial Dinsos Provinsi Sumbar.

Dalam sambutannya Kabid Limjamsos Sosial Provinsi Sumbar Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM mengatakan, dengan adanya kondisi terkini Keluarga Penerima Manfaat (KPM) memberikan bimbingan teknis sebelum turunnya pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) serta bertemu langsung dengan KPM di lapangan.


Sehingga diberikan Pemahaman - pemahaman seluruh pendamping PKH dan memberikan pembinaan bahwasanya adanya Family Development Sessions (FDS) mempermudah verifikasi atau validasi data di Kabupaten Solok, ujarnya.

Oleh sebab itu, Irwan Basir mengatakan
guna untuk memudahkan pekerjaan itu di pantau secara kuantitas bagi pendamping. Hasil yang diharapkan adalah dapatnya regulasi pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dengan kesadaran sendiri.

Teknik pekerja sosial oleh para pendamping yang telah mempunyai SDM serta menguasai Permasalahan - permasalahan sosial. Tidak hanya masalah kemiskinan tapi juga masalah sosial lainnya dapat di data serta membantu Dinas Sosial Kabupaten Solok dengan mudah.

Adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan bimtek pendamping PKH ini. Supaya timbul motivasi dari pendamping untuk bekerja lebih baik sesuai tupoksi yang telah ditetapkan.

"Oleh sebab itu, seorang pendamping harus tahu objek fokus tugasnya dan menjauhkan private recht (kepentingan pribadi) demi tercapainya tujuan utama dari program pemerintah ini," ujarnya mengingatkan.

Bagaimana nantinya permintaan data dari Kementerian Sosial penyediaan data oleh legislatif tersalurkan dengan tepat sasaran serta tidak menimbulkan imbrio Konflik - konflik sosial. Karena pekerjaan ini adalah murni untuk mencari by name dan by adress yang sesuai dengan permasalahan yang ada di wilayah Masing - masing, tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Solok Yandra, SE, M.Si juga mengatakan terimakasih atas kunjungan dari Kelapa Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Kabid Limjamsos Sosial Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM dalam hal memberikan bimbingan teknis terdapat pendamping PKH se-Kabupaten Solok.

Ini sangat membantu masyarakat dengan kondisi saat ini masih Covid-19, tentunya di daerah Kabupaten Solok belum bisa memenuhi serta akomodir kebutuhan. Dengan bimbingan teknis (Bimtek) serta memberikan bantuan perlengkapan oleh Dinas Sosial Provinsi Sumbar ini sangat mendukung sekali dalam rangka percepatan pelaksanaan program PKH di lapangan.

Dalam bimbingan teknis (Bimtek) dihadiri sebanyak 74 Nagari di Kabupaten Solok dan 21.000 ribuan KPM di lapangan. Tentu berharap kedepan adanya pendekatan secara prosiasif antara pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dan Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dengan adanya motivasi perangsang para pendamping lebih maksimal mereka bekerja di lapangan, ujarnya.

Yandra berharap tidak hanya bantuan ini bentuk satu saja seperti tapi bantuan lain bisa menyusul dari Dinas Sosial Provinsi Sumbar ataupun dari Kementerian Sosial. Kebutuhan masyarakat miskin itu benar benar dapat di akomodir berbagai kegiatan di Kabupaten Solok, pangkas.

Diakhiri acara Kabid Limjamsos Sosial Provinsi Sumbar Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM meninjau Gudang Dinas Sosial Kabupaten Solok.(dedi)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!