Breaking News

Connect With us

July 3, 2020

Nagari Cubadak Tanah Datar Kembali Kedatangan Mahasiswa KKN


FS.Tanah Datar(SUMBAR)-Kenagarian Cubadak, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar kembali dijadikan salah satu Nagari tujuan Mahasiswa/wi untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata(KKN) yang merupakan rangkaian kegiatan belajar sambil praktek secara langsung di tengah-tengah masyarakat. KKN ini dilaksanakan agar Mahasiswa/wi mampu mempresentasikan ilmu yang diperoleh selama di bangku perkuliahan kepada masyarakat sehingga nantinya Mahasiswa/wi menjadi seorang Sarjana yang handal, berkualitas, berdaya saing yang siap kembali  terjun ke tengah-tengah masyarakat dan dunia kerja.

Dengan demikian mereka mampu menerapkan Ilmu Pengetahuan, Keahlian dan Ketrampilannya untuk berbakti pada masyarakat, Bangsa dan Negara. Tentunya hal tersebut dilakukan melalui berbagai tempat kerja maupun lapangan kerja yang akan dibangun dan diciptakan, sehingga mereka menjadi manusia seutuhnya yang beriman dan bertakwa, berilmu pengetahuan,  beretika dan berbudaya.

Kali ini Nagari Cubadak dikunjungi 18 orang Mahasiswa/wi dari berbagai terapan ilmu di beberapa Perguruan Tinggi (PT) yang melakukan KKN. KKN tersebut akan dilaksanakan lebih kurang selama 45 hari.

Mahasiswa/wi yang melakukan KKN di Nagari Cubadak ini kebetulan adalah merupakan Putra Putri dari Tanah Datar sendiri. Mereka menimba ilmu di berbagai Universitas/PT diantaranya dari Unand, Universitas Andalas Padang, UNP, IAIN Batusangkar, IAIN Bukittinggi dan ada juga yang berasal dari Universitas Negeri Riau (Unri).

Selama KKN mereka dilibatkan langsung dalam kegiatan Nagari di tengah-tengah masyarakat Nagari Cubadak.

"Kegiatan yang sudah dilakukan diantaranya Gotong Royong bersama masyarakat, pembagian masker di Pasar Ternak Cubadak, pemasangan Stiker dan Pamflet himbauan tentang  New Normal" jelas Wali Nagari Cubadak, Asrizallis, S.Sos, M.Pd.I, MM, MH, M.Sn, M.Si kepada fokussumatera.com, Jum'at, 03 Juli 2020.

Ditambbahkannya "Mahasiswa/wi juga dilibatkan dalam pembuatan Film Dokumenter tentang Nagari/Desa Tangguh Covid-19, juga melakukan kegitan bantuan  langsung ke masyarakat berupa sembako".

"Selain  itu Mahasiswa/wi juga membuat Hand Sanitizer berbahan alami dari bahan-bahan seperti Lidah Buaya, Daun Sirih dan bahan alami lainnya.Ini dibuat oleh Della yang merupakan Mahasiswi dari Universitas  Andalas Padang dibantu seluruh Mahasiswa/wi KKN lainnya"terang Asrizallis.

Sedangkan Tiara Mahasiswi dari IAIN Batusangkar mengatakan kalau KKN kali ini merupakan KKN mandiri dengan artian Mahasiswa/wi tidak langsung tinggal di lokasi atau Nagari tempat KKN, tapi pulang setiap hari ke rumah masing-masing dan pada setiap pagi baru menuju ke lokasi/ Nagari tempat KKN.

Tiara merupakan salah satu Mahasiswi Fakultas Hukum Tata Negara IAIN Batusnagkar yang dalam KKN kali ini di bawah bimbingan Dosen Syaiful Marwan, M.Pd.

Semooga kehadiran Mahasiswa/wi KKN ini membawa manfaat di tengah-tengah masyarakat.(Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment

About Me



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!