Sambut Hari Anak Nasional, FAKA Sawahlunto Gelar Bincang Santai Bersama Pemko Sawahlunto - Fokussumatera

Sambut Hari Anak Nasional, FAKA Sawahlunto Gelar Bincang Santai Bersama Pemko Sawahlunto

Share This

FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Anak adalah Karunia Allah yang dititipkan kepada kita. Menumbuhkan anak yang menjadi generasi yang berbudi luhur, berahklakul karimah menjadi anak sholih sholihah merupakan PR  dan tanggung jawab kita semua, baik selaku Orang Tua, Guru, Masyarakat dan Pemerintah. Di tangan merekalah masa depan dan harapan kehidupan masa yang akan datang diletakkan.

Menurut Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak Indonesia (KPPAI), peringatan Hari Anak Nasional dimaknai sebagai kepedulian seluruh bangsa terhadap perlindungan anak Indonesia agar tumbuh dan berkembang secara optimal, sehingga anak bisa menjadi pribadi yang mampu bertanggung jawab dalam kehidupan pribadinya, keluarganya, masyarakat, bangsa dan Negara.

Menyambut  momen Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada hari ini, Kamis, 23 Juli 2020, Forum Anak Kota Arang (FAKA) Sawahlunto menyelenggarakan bincang - bincang santai bersama Pemerintah Kota Sawahlunto dalam hal ini Walikota Deri Asta dan Wakil Walikota  Zohirin Sayuti.

Berdasarkan keterangan Humas Kota Sawahlunto acara Bincang Santai ini ditayangkan secara langsung (live) di media sosial Instagram (IG). Pada Rabu, 22 Juli  2020 FAKA sudah melaksanakan bincang santai tersebut bersama Wakil Walikota Zohirin Sayuti. Sementara untuk bincang santai dengan Walikota Deri Asta dijadwalkan akan dilaksanakan pada Jum'at,  24 Juli 2020 besok.

Bincang santai ini langsung dipandu oleh Pembawa Acara/Hos yang lansung berasal dari anggota FAKA yaitu Khairunnisa Amalia dan Ifane.

Bincang Santai bersama Wakil Walikota Zohirin Sayuti berlangsung akrab, hangat dan penuh suasana kekeluargaan selama kurang lebih  1 jam. Beragam pertanyaan diajukan oleh anak - anak yang didampingi Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat Desa, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos PMD - PPA) Sawahlunto itu.

Ketua FAKA, Ilham Ronaldi menyebut  bahwa dirinya bersama  teman - temannya sangat senang bisa melakukan dialog santai yang ditayangkan langsung di Instagram tersebut bersama Wakil Walikota Zohirin Sayuti. Selain menyampaikan pertanyaan - pertanyaan, kegiatan ini dikatakan Ilham juga melatih anak - anak FAKA untuk berkomunikasi dengan jajaran Pimpinan Daerah.

"Melakukan tanya jawab atau wawancara dengan Pak Walikota, Pak Wakil Walikota, itu kan suatu kesempatan emas sekali. Ini akses yang tidak semua anak memperolehnya. Yang terpenting bagi kami selain akses ini adalah  kami jadi berpraktek langsung bagaimana berkomunikasi yang baik dan benar dengan orang  yang lebih tua dan dituakan seperti pimpinan daerah kita ini" kata Ilham yang juga didampingi pengurus - pengurus FAKA periode sebelumnya.

Ditambahkan Ilham, FAKA juga sangat senang karena dalam kegiatan dialog tadi sambutan dari Wakil Walikota Zohirin Sayuti sangat hangat dan mengayomi. Sehingga walau pada awal - awal perbincangan, anggota FAKA yang menjadi host sempat agak grogi, namun karena Wawako Zohirin yang pandai mengakrabkan diri dengan anak - anak, suasana menjadi lebih santai dan perbincangan pun mengalir lebih lancar.

Kegiatan bincang - bincang santai FAKA bersama Kepala Daerah ini, dikatakan oleh Kepala Dinsos PMD - PPA Dedi Syahendry merupakan rangkaian dari kegiatan Hari Anak Nasional (HAN) yang puncaknya pada tanggal 23 Juli 2020.

"Untuk kegiatan HAN seperti biasanya yang mengumpulkan anak - anak kemudian ada acara, memang tahun ini terpaksa tidak kita selenggarakan dahulu karena situasi pandemi Covid - 19. Untuk itulah, kita meriahkan HAN sekarang dengan pola lain seperti dialog santai ini" ujar Dedi Syahendry.

Wakil Walikota Sawahlunto Zohirin Sayuti usai kegiatan itu mengatakan bahwa dirinya sangat senang berdialog dengan anak - anak tersebut. Wakil Walikota juga mengaku sangat bangga anak - anak Sawahlunto memiliki keberanian dan kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik.

"Biasanya kan yang mewawancarai saya itu wartawan. Sekarang anak - anak FAKA ini yang mewawancarai saya, ternyata rasanya juga seperti diwawancarai wartawan. Anak - anak ini telah mengajukan pertanyaan yang kritis dan terstruktur. Bagus sekali, kemampuan seperti ini tinggal kita bentuk dan latih lebih baik akan menjadi skill yang sangat bermanfaat bagi mereka" kata Wawako Zohirin Sayuti. (Z.Z)

No comments:

Post a Comment

Post Bottom Ad

.