August 4, 2020

Desa Kubang Tangah, Sawahlunto Tingkatkan Ekonomi Melalui Usaha Agribisnis


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Pemerintah Desa Kubang Tangah, Kecamatan Lembah Segar, Kota Sawahlunto terus berupaya melakukan peningkatan ekonomi melalui  Sektor Agribisnis. Sesuai arahan walikota Sawahlunto Deri Asta, SH bahwa Desa/Kelurahan harus mampu membimbing masyarakat untuk dapat meningkatkan ketahanan pangan terlebih di masa pandemi Covid-19 ini.

Pemko Sawahlunto telah menyalurkan 200 Kg bibit bawang  yang merupakan jenis bawang Birma untuk  masyarakat Desa Kubang Tangah.

Menurut Kapala Desa Rice Ricardo  menjelaskan satu  dusun yang diutamakan untuk percontohan penanaman Bawang Merah yaitu Dusun Guguak Pauh dan  empat dusun lainnya tetap mengikuti kegiatan menanam Bawang Merah ini. 

‘’ Sebagai percontohan dipilih Dusun Guguak Pauh  dan empat dusun lainnya meski belum diprioritaskan tetapi tetap melakukan penanaman bawang merah ini. Kelompok Tani Guguak Pauh dijadikan Kelompok Tani yang utama dalam penanaman bawang , tetapi masyarakat di luar kelompok pun tetap menanam bawang, bagi siapapun yang mau’’ jelas Rice Ricardo hari ini, Selasa, 04 Agustus 2020.

Sementara Ketua  Kelompok Tani Guguak Pauh Ketua Zulkanadi menjelaskan bahwa Kelompok Tani Guguak Pauh memiliki anggota 12 orang, berdiri sejak tahun 2016 Akta Pendirian.

‘’ Kelompok Tani Guguak berdiri dengan Akta Pendirian Tahun 2016, anggota 12 orang di bawah Pembina  Hendri  bersama PPL Pertanian Yesi Arza’’  jelas Hendri Yanuar selaku Kasi Kesra Desa Kubang Tangah.

Hendri berharap dengan adanya pembinaan dan bantuan dari Pemko kedepannya Kelompok Tani Guguak Pauh bisa mengahilkan hasil pertanian yang melimpah yang dapat meningkatkan pendapatan dan taraf kehidupan masyarakat Desa Kubang Tengah.

‘’Dan ini mudah-mudahan menjadi pelopor dan motivasi bagi kelompok lainnya yang ada di Kubang Tengah untuk terus berusaha menjadi lebih baik dan lebih maju’’ tambahnya. (Z.Z.Dt.Malako)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!