August 19, 2020

Pesona Wisata Mandeh, Pulau Sironjong, Kakak Beradik Nan Eksotis

19 Agustus 2020
 
FS.Pessel(SUMBAR)-Bagaikan kakak beradik, Pulau Sironjong Ketek dan Sironjong Gadang berdiri kokoh menantang Samudera Hindia. Bahkan juga sedikit unik, kedua pulau ini menjadi lorong masuk ke kawasan laut destinasi wisata Mandeh Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan.

Kedua pulau ini akan lebih menambah indahnya pesona Kawasan Wisata Bahari Mandeh. Dan sepertinya pulau ini sengaja diciptakan yang kuasa untuk menjaga kawasan Mandeh dari hantaman gelombang besar yang datang dari laut luas. Secara kasat mata, dua pulau yang mirip piramid ini adalah batu cadas, namun subur ditumbuhi pepohonan sejak dulu kala.

Udaranya begitu sejuk dan asri membuat elang laut dan burung kekek menjadikan pulau ini tempat bersarang. Sebab, jenis burung ini sangat jeli terhadap keamanan dirinya lantaran pulau ini memiliki dinding-dinding batu yang terjal. Fenomena ini tentu sangat eksotis, membuat wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat, rugi bila tidak datang ke Mandeh di Pesisir Selatan.

Pulau ini tampaknya juga punya potensi besar di era perkembangan dan peningkatan wisata saat ini. Lautnya yang dalam dan tenang ini dimanfaatkan untuk aksi jumping. Di Pulau Sironjong Ketek telah dibangun tangga dengan ketinggian sekiotar 25 meter dari permukaan air laut. Tangga itu sengaja dibuat untuk menyalurkan bakat yang punya hobi terjun bebas.

Tidak hanya itu, Pulau Sironjong juga punya potensi lain sebagai penunjang wisata. Karena disekitar pulau ini juga terdapat hamparan terumbu karang indah tempat bermainnya biota laut.

Maka tak heran bila banyak para pengunjung melakukan penyelaman menikmati keindahan alam bawah laut sekitar pulau tersebut. Bahkan konon kabarnya disekitar pulau ini juga terdapat karang listrik yang hanya ada 2 lokasi di Indonesia serta juga ada terdapat ikan hias fendemi nemo.

Masih dilokasi dekat dua pulau tersebut tepatnya antara dua pulau ini juga terdapat karang timbul bersama batu-batu besar. Oleh warga setempat karang ini dinamakan batu rakik-rakik, disini merupakan tempat bersarangnya burung camar sejak dulunya.

Jika senja menjelang, batu tersebut ramai didatangi burung-burung laut yang dijadikan tempat peristirahatan mereka.

Jadi tunggu apalagi, jika anda berwisata ke Kawasan Mandeh akan merasa rugi bila tidak menyempatkan diri mengarungi dan singgah dipulau Sironjong. Untuk akses ke lokasi pengunjung akan dipandu oleh jasa travel laut yang selalu ada di Dermaga Cerocok Tarusan.

No comments:

Post a Comment

SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!