Breaking News

September 14, 2020

Deri Asta,SH Usulkan Program Naturalisasi Batang Lunto dan Batang Sumpahan ke Bapennas RI


FS.Sawahlunto(SUMBAR)-Sawahlunto sudah masuk dalam  RPJMN.Terkait hal tersebut Walikota Deri Asta langsung menemui Bappenas RI untuk meminta dukungan Pembangunan.

Menurut keterangan Humas Kota Sawahlunto hari ini, kunjungan Walikota Deri Asta, SH dilaksanakan Kamis, 10 September 2020.

Dalam kunjungan tersebut Walikota Deri Asta menyampaikan usulan program penataan/naturalisasi Batang Lunto dan Batang Sumpahan.

Selain itu Deri Asta juga menyerahkan laporan pengelolaan Sumber Air  Baku dengan  teknologi Solar Sel yang diberikan langsung kepada  Direktur Pengairan dan Irigasi  Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas  Abdul Malik Sadat Idris.

Deri Asta menyebutkan bahwa pihak Bappenas RI telah menerima dengan baik usulan yang disampaikan Pemko Sawahlunto itu. Setelah mendengarkan ekspose yang disampaikan, Direktur Pengairan dan Irigasi  Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas  Abdul Malik Sadat Idris, mengatakan siap memasukkan usulan tersebut untuk ditindaklanjuti.

"Kita jelaskan juga bahwa apa - apa yang kita usulkan tersebut sangat menunjang pariwisata yang menjadi andalan Sawahlunto. Juga dengan keterlibatan pemerintah pusat dalam membantu pembangunan di Sawahlunto itu sesuai dengan kompensasi status Kota Warisan Budaya Dunia versi UNESCO pada Sawahlunto yang membawa kota itu kini masuk dalam Kawasan Prioritas Pariwisata Nasional (KPPN) Rancangan Rancangan Pemerintah Jangka Menengah (RPJMN) 2019 - 2024," kata Walikota Deri Asta. 

Ditambahkan Walikota, memang untuk pembangunan - pembangunan fisik berskala besar di Sawahlunto saat ini belum bisa terjangkau jika hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) saja. Apalagi pada masa pandemi ini, anggaran lebih banyak dialihkan pada bidang kesehatan dan penyelamatan ekonomi masyarakat terdampak Covid - 19.

"Makanya, sinergi dengan pemerintah pusat hendaknya terjalin maksimal. Sehingga geliat pembangunan bisa maksimal di Sawahlunto," pungkas Walikota Deri Asta.

Deri juga katakan bahwa pihak Pemko bersama seluruh jajaran akan berusaha membangun hubungan baik dan sinergitas terhadap pemerintah pusat demi kemajuan pembangunan di Kota Arang.(Z.Z)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!