September 18, 2020

Wakil Ketua Komisi V DPRD Sumbar, Donizar Minta Pemprov Buat Regulasi Pengunjung Masuk ke Sumbar Wajib Tes Swab

Wakil ketua komisi V DPRD Sumbar, Donizar

FS.Padang(SUMBAR)-Wakil ketua komisi V DPRD Provinsi Sumbar, Donizar merespon terkait tingginya peningkatan angka positif Covid-19 akhir-akhir ini di Sumbar. Ia berpendapat pesatnya kenaikan angka tersebut karena lambatnya keluar hasil tes swab yang dilakukan oleh laboratorium Universitas Andalas (Unand) sehingga apabila ada yang positif covid-19, pasien tersebut lama berkeliaran dan menyebarkan virus corona tersebut.


"Seharusnya hasil tes swab itu paling tidak satu hari sudah keluar. Jadi apabila ada yang positif, bisa langsung ditindaklanjuti. Jadinya virus tersebut tidak menyebar kemana-mana, ujar politisi PKB itu.

Donizar juga mengatakan, Pemprov Sumbar harusnya membuat regulasi terkait pengunjung yang masuk ke Sumbar jalur udara melewari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) wajib melakukan tes swab. Karena hal tersebut menurut Donizar akan efektif menekan penyebaran virus covid-19 yang datang dari luar Sumbar.

"Seharusnya Pemprov Sumbar membuat regulasi semacam Pergub agar pengunjung yang datang dari luar Sumbar melewati BIM wajib tes swab. Saat ini BIM kan hanya menyediakan tes swab secara sukarela bagi yang mau saja," ujarnya, Kamis (17/9) di Padang.

Selanjutnya Donizar menambahkan, dampak ekonomi yang diakibatkan pandemi covid-19 ini juga sangat luar biasa. Oleh karena itu bagaimana caranya agar dana APBD baik provinsi maupun kabupaten/kota dapat diupayakan untuk menunjang ekonomi masyarakat.

"Salah satu caranya yaitu minimal ada Pergub yang menyatakan, setiap pengadaan barang dan jasa yang ada di pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota, diharapkan pada rekanan yang menjadi pihak ketiga berbelanja di daerah setempat. Jadi hal tersebut secara otomatis roda perekonomian dapat berputar di daerah tersebut," tambahnya.

Donizar juga menghimbau kepada masyarakat agar senantiasa menjaga kesehatan dan kebersihan diri agar terhindar dari virus berbahaya tersebut. Dan bagi masyarakat yang datang dari daerah yang dicurigai terjangkit wabah covid-19 melewati jalur darat, meminta kesadarannya untuk mengisolasi diri sementara waktu.(dan)

No comments:

Post a Comment



Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!