Breaking News

October 23, 2020

Rayakan Dies Natalis ke-66, Rektor Ganefri : UNP Akan Transformasi Diri Menjadi PTN BH


FS.Padang(SUMBAR)-Universitas Negeri Padang (UNP) pagi ini, Jum'at (23/10/2020) merayakan Dies Natalis ke - 66 yang dilaksanakan secara virtual di auditorium kampus utama jalan Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Kota Padang. Acara yang tetap menerapkan protokol kesehatan Covid-19 tersebut diawali dengan penayangan vidio ucapan selamat dari berbagai universitas di Indonesia dan juga dari Bupati / Walikota se Sumatera Barat.

Acara Dies Natalis UNP ke - 66 tersebut juga diisi dengan orasi ilmiah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan RI, Mohammad Mahfud MD secara virtual. Dalam orasi itu, Mahfud MD mengangkat tema “Tenaga Pendidik sebagai Agen Terdepan dalam Program Deradikalisasi dan Demokrasi”.

"UNP merupakan salah satu lembaga pendidikan terbaik ditingkat nasional. Oleh sebab itu melalui momentum Dies Natalis yang ke-66 ini hendaknya dapat lebih ditingkatkan lagi dan semoga kedepannya UNP menjadi universitas yang dapat mencetak generasi yang unggul dan bermartabat," ungkapnya.

Sementara Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno melalui virtual juga mengucapkan selamat kepada UNP atas Dies Natalis yang ke - 66. "Semoga UNP tetap jaya dan mampu menjadi universitas yang berdaya saing dalam mencetak SDM yang unggul," pungkas Gubernur.

Selanjutnya, Rektor UNP, Prof. Drs. H. Ganefri, M.Pd.,Ph.D pada kesempatan itu menyampaikan, kunci keberhasilan sebuah perguruan tinggi terletak pada sumber daya dosen. Hal tersebut saat ini menjadi prioritas utama UNP bagaimana mendorong percepatan terhadap peningkatan kualifikasi jenjang akademik dosen.

"Karena lima tahun kedepan, dosen perguruan tinggi itu seluruhnya harus bergelar doktor. Jadi salahsatu indikator keberhasilan sebuah perguruan tinggi itu dilihat dari persentase jumlah doktor di perguruan tinggi tersebut," ujar Ganefri.

Selain itu Ganefri juga menambahkan, saat ini UNP sedang dalam proses transformasi. Yaitu merubah diri menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH). Menurutnya, karena kebijakan pemerintah terkait kemerdekaan belajar kampus merdeka itu bisa di optimalkan kalau sudah PTN BH.

"Kalau kita sudah PTN BH, kita punya otonomi dalam pengelolaan akademi dan punya otonomi dalam pengelolaan keuangan. Dengan otonomi yang semakin luas, kami yakin akan banyak melahirkan inovasi baru terutama juga dalam pengembangan SDM," paparnya.

Terakhir Ganefri menyampaikan, momentum Dies Natalis UNP ke - 66 ini juga merupakan sarana merefleksi diri terhadap pencapaian - pencapaian UNP dari tahu - tahun sebelumnya.(dan)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!