Breaking News

November 9, 2020

Gubernur Sumbar Lepas 54 Kafilah Kontingen MTQ Tingkat Nasional ke-28


FS.Pasang(SUMBAR)-Sebanyak lebih dari 54 kafilah kontingan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional ke-XXVIII tahun 2020 Provinsi Sumatera Barat dilepas Gubernur Sumbar Irwan Prayitno di Hotel Pangeran City, Senin (9/11/2020).

Mereka akan mengikuti MTQ yang berlangsung pada 12 hingga 21 November 2020. Sumbar menargetkan meraih posisi lima besar dalam ajang dua tahunan.

"Kita targetkan minimal bisa masuk lima besar. Kalau bisa juara umum, itu mau kita semua. Insya Allah, tercapai tergantung usaha kita selama ini," kata Irwan Prayitno.

Irwan Prayitno mengatakan, semua persiapan sudah cukup, mulai dari pelatihan sampai persiapan mental peserta. Yang terpenting harus ada kekompakan antara pelatih dengan peserta. Pemprov Sumbar terus mendukung untuk kelancaran pelaksanaan MTQ.  

"Peserta MTQ yang berkompetisi harus mengeluarkan seluruh kemampuannya. Bekal sudah cukup, kami tak ragu lagi silahkan maju dan bertanding, apapun hasilnya serahkan ke Allah," ucapnya.

Gubernur minta para peserta selalu berdo'a dan jaga kesehatan, proses sebab akibat pasti ada. Jangan gugup akibat mental tidak kuat, grogi, tentunya irama yang keluar bergetar, sehingga bisa merugikan Sumbar. Mental itu kadang-kadang muncul seketika.

"Ujuk-ujuknya, eh ketika diuji, kita grogi melihat penguji dan lawan. Untuk itu persiapan mental sangat penting bagi peserta," ulasnya.

Selain itu, kesehatan juga penting. Gubernur inginkan para peserta selalu jaga kesehatan, kalau sudah terkena demam, batuk flu bisa baling suara, artinya suara tidak prima. 

"Kalau ini terjadi, mau dikata apa. Kita sudah setahun lebih berlatih, eh kena fisik lemah, peserta demam dan batuk flu, maka habislah  kita," ujarnya.

Gubernur Irwan Prayitno tekankan agar para peserta jaga kesehatan, berikanlah yang terbaik bagi Sumbar. Karena ini momen yang strategi untuk mengharumkan Sumbar di tingkat nasional.

Soal hasil, menurut Irwan Prayitno, tidak ada keraguan lagi karena sudah dipersiapkan LPTQ dengan pelatih-pelatihnya sejak tahun 2019 yang lalu. Untuk mental dan juga fisik harus menjadi perhatian serta jangan lupa jaga kesehatan.

Berdasarkan penetapan MTQ semua cabang diikuti kafilah Sumbar dapat diterima untuk golong yang dimusabaqahkan. Para peserta yang sudah dipilih dan ditetapkan LPTQ, semua peserta adalah pilihan yang terbaik yang berasal dari Sumbar atau luar Sumbar yang memiliki darah asal Sumbar.

Kepada kafilah dan pelatih Gubernur Sumbar juga berpesan agar tetap menjaga nama baik Sumbar sebagai tuan rumah. "Karena ini menyangkut harga diri dan marwahnya Minangkabau yang memiliki filosafi Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, mari kita jaga bersama," imbah Gubernur Sumbar.

Lanjut Irwan Prayitno mengatakan, saat ini Sumbar sedang gencarnya mengembangkan mengembangkan pariwisata syariah. 

"Berikan yang terbaik bagi tamu-tamu kita, supaya nanti akan banyak yang mengunjungi Sumbar dan menjadi contoh oleh daerah lain," tukasnya.

Dalam pelaksanaan MTQ tingkat Nasional ke-XXVIII tahun 2020 Provinsi Sumatera Barat, Irwan Prayitno memastikan protokol kesehatan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun, diterapkan dengan ketat saat MTQ nanti.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Sumbar Hendri berharap kafilah Sumbar bisa sukses dan berhasil mengikuti MTQ tingkat Nasional ke-XXVIII tahun 2020 bisa meraih prestasi yang membanggakan.

Para pelatih yang sudah mendampingi, mengasah, mengasuh kafilah, mudah mudah dengan belaian dan sentuhan yang luar biasa itu, sehingha kafilah bangkit untuk bisa menjadi yang terbaik

"Selamat, bagi anak-anak kami semua yang terpilih, karena memang orang pilihan, istimewa, dari sekian banyak orang yang ingin mengikuti dan menjadi kafilah, maka pilihan jatuh pada ananda semua. Ini harus ditunjukkan ke masyarakat Sumbar, kita bisa membanggakan dan mengharumkan Sumbar," ucap Hendri.

Khusus ke 54 peserta Hendri minta harus optimis, mampu melalui MTQ dengan baik, dan bisa berpretasi. "Kita punya potensi dan peluang. Kalau lima besar, Insya Allah. Harapan boleh. Kita serahkan semuanya kepada Allah," harapnya. (nov)

No comments:

Post a Comment

About Me


Bofet%2BHP
BOFET HARAPAN PERI JL. SAMUDRA No 1 KOMP. PUJASERA PANTAI PADANG
SELAMAT DATANG DI SEMOGA BERMANFAAT!